Learn Science With Ilmusiana

10+ Kegunaan Berita Bagi Pelajar (Gambar Lengkap)

Apa sih kegunaan berita bagi pelajar? Mungkin, kegiatan menonton berita atau news di televisi sangat jarang dilakukan oleh para pelajar. Mereka lebih tertarik untuk menonton film, sinetron, atau acara musik yang ditayangkan setiap hari di hampir semua stasiun televisi. Kebanyakan pelajar menganggap bahwa kegiatan menonton berita adalah aktivitas para orang tua. Akibatnya, saat mereka sedang nongkrong di depan TV, tayangan sinetronlah yang akan mereka cari.

Kegunaan Berita Bagi Pelajar

Kegunaan Berita Bagi Pelajar

Padahal, kegunaan berita bagi pelajar sangatlah banyak. Jika dibandingkan dengan sinetron, berita dapat menambah informasi bagi pelajar. Hal ini terkait dengan definisi dari berita itu sendiri, yaitu informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran televisi/radio, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Beberapa contoh stasiun televisi Indonesia yang sebagian besar tayangannya adalah berita adalah Metro TV, TV One, dan Kompas TV.

Selain menambah informasi, kegunaan berita bagi pelajar adalah menambah pengetahuan. Seperti yang kita ketahui, bahwa terkadang penemuan terbaru yang terjadi di tempat lain, disampaikan melalui berita. Banyak dari penemuan ini yang belum termuat dalam buku-buku teks pelajaran, sehingga untuk mengetahuinya dengan cara menonton berita.

Berdasarkan pemikiran di atas, maka sudah barang tentu berita memiliki kegunaan yang besar bagi para pelajar. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan mengulas secara lengkap semua kegunaan berita bagi pelajar. Semoga, setelah membaca uraian ini, para pelajar dapat mengetahui kegunaan berita untuk dirinya. Yuk, berikut ini pembahasannya:

Kegunaan Berita Bagi Pelajar

Jika kamu seorang pelajar, maka jadikan kegiatan menonton berita sebagai bagian rutinitas setiap hari. Berita bagi pelajar memiliki beberapa kegunaan, antara lain sebagai berikut:

1. Dapat Menambah Wawasan

Kegunaan berita bagi seorang pelajar adalah dapat menambah wawasan tentang berbagai hal. Setiap hari akan muncul berita baru dari berbagai bidang. Tentu saja, hal ini sayang untuk dilewatkan, karena itu sama saja pelajar kehilangan kesempatan untuk menambah wawasan baru.

2. Untuk Mengupdate pengetahuan 

Bagi pelajar, berita juga memiliki kegunaan untuk mengupdate ilmu pengetahuan yang telah diketahui sebelumnya. Mengupdate artinya memperbaharui, yaitu proses penyesuaian kembali antara pengetahuan dengan perkembangan-perkembangan terkini.

3. Menjadi Sumber Referensi

Berita dapat menjadi sumber referensi bagi seorang pelajar. Untuk melakukan sesuatu, terkadang kita membutuhkan referensi yang dijadikan sebagai panduan. Berita yang cocok untuk urusan seperti ini, misalnya berita tentang tutorial atau cara melakukan sesuatu.

4. Bahan Pertimbangan Pengambilan Keputusan

Berita juga dapat membantu pelajar dalam proses pengambilan keputusan. Terkadang, sesuatu yang akan kita putuskan pernah dilakukan juga oleh orang lain dan ditayangkan melalui berita televisi. Saat pelajar menontonnya, berita itu bisa menjadi bahan pertimbangan.

5. Untuk Menangkal Hoax

Selanjutnya, kegunaan berita bagi pelajar adalah dapat membantu untuk menangkal hoax. Pelajar adalah kelompok orang yang seharusnya tidak cepat termakan hoax atau berita palsu. Sebagai kaum terdidik, pelajar dapat memilah antara informasi benar dan informasi palsu. Salah satu sumber yang bisa digunakan adalah berita.

6. Untuk Memperkaya Kosakata

Ternyata, berita juga dapat digunakan pelajar untuk memperkaya kosakata atau perbendaharaan kata. Terkadang, terdapat kosakata atau istilah baru yang muncul dalam tayangan sebuah berita.

7. Sumber Informasi Terkini

Sebagian besar, bahkan seluruh berita yang ditayangkan di berbagai media adalah informasi-informasi baru yang belum pernah disampaikan sebelumnya. Hal ini dapat digunakan oleh pelajar sebagai sumber informasi terkini.

8. Menjadi Sumber Ilmu Pengetahuan Terbaru

Berita dapat dijadikan oleh pelajar sebagai sumber ilmu pengetahuan terbaru. Sebab, ada banyak penemuan-penemuan terkini dari para ilmuwan dunia yang disiarkan melalui berita.

9. Dapat Melatih Kerja Otak

Pelajar dapat menggunakan berita untuk melatih kinerja otak. Saking banyaknya tayangan berita setiap hari, menuntut kita untuk menyerap sebanyak mungkin informasi. Hal ini dapat menjadi latihan bagi otak untuk menyimpan informasi tersebut.

10. Menjadi Sumber Inspirasi

Berita terkadang menayangkan profil keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang. Hal ini bisa digunakan oleh pelajar sebagai sumber inspirasi untuk memotivasi diri dalam meraih sukses.

Kesimpulan

Jadi, sangat jelas bukan kegunaan berita bagi pelajar? Oleh karena itu, mulai sekarang para pelajar harus rajin mendengar atau menonton berita. Semua kegunaan yang telah dipaparkan di atas bisa pelajar dapatkan saat menonton berita. Bolehlah sesekali menonton sinetron sekedar untuk hiburan saja.

Demikianlah penjelasan tentang Kegunaan Berita Bagi Pelajar. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
10+ Kegunaan Berita Bagi Pelajar (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment