Learn Science With Ilmusiana

3+ Kemungkinan Letak Kalimat Utama Pada Sebuah Paragraf

Materi kali ini akan menjelaskan kemungkinan letak kalimat utama pada sebuah paragraf. Kalimat utama selalu ditemukan dalam paragraf suatu karangan. Idealnya, suatu paragraf memiliki satu kalimat utama. Sedangkan, kalimat-kalimat lainnya disebut kalimat penjelas. Dua jenis kalimat tersebut saling berkaitan merangkai suatu paragraf untuk membentuk gagasan.

Kemungkinan Letak Kalimat Utama Paragraf

Kemungkinan Letak Kalimat Utama Pada Sebuah Paragraf

Namun, satu hal yang sering menjadi masalah adalah tentang penentuan letak kalimat utama pada sebuah paragraf. Masih banyak orang, khususnya pelajar yang sering kebingungan menentukan letak kalimat utama tersebut. Padahal, pengetahuan tentang kalimat utama ini sangat penting untuk mengetahui gagasan utama sebuah paragraf.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan tentang kemungkinan letak kalimat utama pada sebuah paragraf. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang letak kalimat utama semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya:

Kalimat Utama Paragraf

Dalam pengertian sederhana, kalimat utama adalah kalimat yang menjadi tempat dirumuskannya gagasan utama. Kalimat ini memuat ide pokok atau gagasan utama. Kalimat utama mengungkapkan pokok pikiran utama dalam suatu paragraf atau alinea. Peranan kalimat utama dalam sebuah paragraf sangat penting, karena ia menjadi alasan dasar terbentuknya paragraf.

Baca Juga:
Kalimat utama dapat juga disebut sebagai kalimat yang mengusung tema atau topik masalah. Kalimat ini merupakan kalimat inti dalam sebuah paragraf. Kalimat utama menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam sebuah paragraf, yang disebut dengan kalimat penjelas.

Letak Kalimat Utama Paragraf

Terdapat dua kemungkinan letak dari kalimat utama pada sebuah paragraf. Kemungkinan pertama adalah terletak di awal paragraf, dan kemungkinan kedua adalah terletak di akhir paragraf. Berikut ini akan kami bahas masing-masing kemungkinan tersebut.

1. Kalimat Utama di Awal Paragraf

Pada sebuah paragraf, kalimat utamanya bisa saja terletak di bagian awal. Paragraf dengan kalimat utama seperti ini disebut paragraf deduktif. Kalimat utama dalam paragraf deduktif berisi pernyataan yang bersifat umum, sedangkan kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas. Jadi, polanya adalah umum ke khusus. 

Contoh Paragraf Kalimat Utama di Awal

Berikut ini adalah contoh paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf:
Brokoli adalah sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga cara memasaknya harus benar. Usahakan agar teksturnya matang, tetapi jangan sampai menghabiskan atau mengurangi kandungan gizinya. Brokoli lebih tepat dimasak jenis rebus setengah matang sebelum dikonsumsi. Segera tiriskan dan siram dengan air dingin agar tetap berwarna cantik dan bentuknya tidak hancur. Cara memotong brokoli juga harus benar yaitu mengikuti tangkainya. Selain memengaruhi kesegaran, tangkai brokoli juga berfungsi sebagai hiasan untuk menambah selera makan.

2. Kalimat Utama di Akhir Paragraf

Selain di awal, kalimat utama juga dapat terletak di akhir paragraf. Paragraf dengan kalimat utama seperti ini disebut paragraf induktif. Kalimat utama dalam paragraf induktif berisi pernyataan umum dan terletak di akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf umumnya dicirikan oleh kata penghubung memang, dengan demikian, jadi, oleh karena itu, begitulah, atau akibatnya.

Contoh Paragraf Kalimat Utama di Akhir

Berikut ini adalah contoh paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf:
Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terdapat gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.

3. Kalimat Utama di Awal dan Akhir Paragraf

Dalam sebuah paragraf, kalimat utama juga bisa terletak di bagian awal dan akhir paragraf. Paragraf dengan kalimat utama seperti ini disebut paragraf deduktif-induktif.  Kalimat utama dalam paragraf deduktif-induktif berisi pernyataan umum yang diikuti dengan pernyataan khusus dan diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum. Kalimat utama yang terdapat di akhir paragraf merupakan penegasan kembali dengan susunan kalimat yang sedikit berbeda. Jadi, polanya adalah umum-khusus-umum.

Contoh Paragraf Kalimat Utama di Awal dan Akhir

Berikut ini adalah contoh paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf:
Hasil penelitian menemukan bahwa tingginya kolesterol adalah faktor resiko terbesar seseorang untuk menderita penyakit jantung koroner. Sebenarnya banyak faktor yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini, minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.
Demikianlah penjelasan tentang Kemungkinan Letak Kalimat Utama Pada Sebuah Paragraf. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
3+ Kemungkinan Letak Kalimat Utama Pada Sebuah Paragraf Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment