Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Tujuan Dibentuknya BPUPKI?

Apa maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI? Seperti yang kita ketahui, BPUPKI adalah badan bentukan Jepang yang dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, badan ini bernama Dokuritsu Junbi Cosakai. Tokoh-tokoh pendiri bangsa turut serta bergabung ke dalam badan ini sebagai langkah awal menuju Indonesia Merdeka.

Tujuan Dibentuknya BPUPKI

Tujuan Dibentuknya BPUPKI

BPUPKI dibentuk pada masa pemerintahan Perdana Menteri Jepang Kuniaki Koiso. Beliau pula lah yang pertama kali menjanjikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Usulan itu pertama kali ia sampaikan di depan parlemen Jepang pada tanggal 7 September 1944. Meskipun mendapatkan banyak penentangan, namun akhirnya usulan itu diterima oleh pemerintah Jepang.

Pembentukan BPUPKI oleh Jepang adalah realiasi dari janji tersebut. Tokoh Jepang yang mendirikan BPUPKI adalah Letnan Jenderal Kumakici Harada selaku panglima tentara Jepang di Jawa. Badan ini memang bentukan Jepang, tetapi seluruh anggotanya sebagian besar orang Indonesia. 

Baca Juga:
Lantas, apa tujuan dibentuknya BPUPKI? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami berikan pembahasannya dalam materi kali ini. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tujuan dibentuknya BPUPKI semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Tujuan Dibentuknya BPUPKI

BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945, pengangkatan anggota-anggotanya diumumkan pada tanggal 1 April 1945. Peresmian BPUPKI dilakukan pada tanggal 28 Mei 1945. Gedung yang digunakan oleh BPUPKI untuk bersidang adalah gedung Cuo Sangi In (Gedung Departemen Luar Negeri sekarang).

Kepengurusan BPUPKI diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Rajiman Wedyodiningrat dan wakil ketuanya adalah Raden Panji Suroso dan Ichibangase Yosio. Sementara itu, yang bertugas sebagai sekretaris BPUPKI adalah Abdoel Gaffar Pringgodigdo. Saat pertama kali dibentuk, jumlah anggota BPUPKI adalah 67 orang. Seiring berjalannya waktu, jumlah ini bertambah menjadi 77 orang. 

Maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI, adalah:
Untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia Merdeka. Jika suatu saat kelak memproklamasikan kemerdekaannya, maka bangsa Indonesia sudah harus memiliki dasar negara. Oleh karena itu, BPUPKI bersidang untuk merumuskan dasar negara.
Nah, demikianlah penjelasan tentang Tujuan Dibentuknya BPUPKI. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Tujuan Dibentuknya BPUPKI? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment