Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Volume Termasuk Besaran Turunan?

Tahukah kamu mengapa volume termasuk besaran turunan? Berdasarkan asalnya, besaran dibagi menjadi besaran turunan dan besaran pokok. Dalam ilmu fisika, dua besaran itu sering dipelajari sebagai materi wajib pada pembahasan pengukuran. Meskipun keduanya berbeda, namun sebenarnya saling terkait antara satu dengan yang lainnya.

Jika dilihat dari definisinya, besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu. Jadi, bisa dikatakan bahwa besaran ini merupakan besaran paling dasar. Sementara itu, besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran lain, dalam hal ini dari besaran pokok.

Jadi, berdasarkan definisi di atas, ada beberapa besaran yang merupakan hasil turunan atau dibentuk dari besaran pokok. Besaran turunan dihasilkan oleh dua atau lebih besaran pokok. Misalnya, volume yang juga dibentuk oleh besaran pokok. 

Sehingga, untuk memahami mengapa suatu besaran itu termasuk ke dalam besaran turunan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu besaran-besaran apa saja yang termasuk ke dalam besaran pokok. Jumlah besaran pokok ada tujuh, bagi kamu yang belum mengetahuinya, silahkan baca materi pada link berikut ini: 

Mengapa Volume Termasuk Besaran Turunan

Mengapa Volume Termasuk Besaran Turunan
Alasan mengapa sehingga volume termasuk besaran turunan adalah karena volume dibentuk dari besaran pokok. Bagaimana cara pembentukannya? Hal ini bisa dilihat dari satuan dari besaran volume, yaitu m3 atau meter kubik. Dari satuan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa besaran volume dibentuk dari besaran panjang yang dikalikan sebanyak 3 kali. Dalam bentuk rumus, bisa dituliskan sebagai berikut:

Volume = Panjang x Panjang x Panjang = m x m x m = m3 

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, telah kita buktikan bahwa volume memang termasuk ke dalam besaran turunan. 

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Volume Termasuk Besaran Turunan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Volume Termasuk Besaran Turunan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment