Learn Science With Ilmusiana

5+ Sifat Produk Dari Produksi Massal

Bisakah kamu jelaskan sifat produk dari produksi massal? Dalam proses produksi, terdapat istilah yang dinamakan produksi massal. Jenis aliran produksi ini bertujuan untuk menghasilkan barang secara terus menerus. Istilah ini pertama kali dipopulerkan pada tahun 1926 merujuk kepada hasil korespondensi New York Times terhadap Ford Motor Company

Sifat Produk Dari Produksi Massal

Sifat Produk Dari Produksi Massal

Sekarang ini konsep produksi massal sering diterapkan oleh produsen skala besar untuk berbagai jenis produk. Proses produksinya didasari aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya sampai dihasilkan barang jadi. Tidak ada penumpukan di suatu titik proses, semua berjalan sesuai sistem yang telah ditetapkan. Proses produksi massal digunakan untuk menghasilkan barang dalam jumlah banyak, meskipun sering terjadi kualitas barang yang dihasilkan masih standar dan variasi atau produk masih rendah. 

Seperti apa sifat produk yang diproduksi secara massal ini? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan sifat produk dari produksi massal. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang produksi massal semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya

Sifat Produk Dari Produksi Massal

Ada empat sifat produk dari produksi massal, antara lain sebagai berikut:

1. Produk berjumlah besar

Umumnya, penerapan produksi massal dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk dalam jumlah besar. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar terhadap sebuah produk secepat mungkin, sehingga diambil langkah-langkah untuk memproduksi massal produk tersebut.

2. Variasi Produk Rendah

Kebanyakan sistem produksi massal hanya untuk menghasilkan produk yang sama. Dengan kata lain, variasi produk dihasilkan yang sangat kecil dan sudah distandarisasikan.

3. Mempunyai urutan peralatan dan pengerjaan

Sistem produksi massal bekerja dengan cara menyusun semua peralatan berdasarkan urutan pengerjaan dari produk yang akan dihasilkan. Proses ini disebut product layout/departementation by product.

4. Menggunakan mesin khusus

Mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi massal untuk menghasilkan produk bersifat khusus (Special Purpose Machines).

5. Operator hampir tidak dibutuhkan

Dalam sistem produksi massal, peran operator terhadap produk yang akan dihasilkan sangat kecil karena sistem ini menggunakan mesin yang bekerja secara otomatis. Tidak diperlukan seorang operator yang memiliki keahlian tinggi untuk pengerjaan produk tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang Sifat Produk Dari Produksi Massal. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
5+ Sifat Produk Dari Produksi Massal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment