Learn Science With Ilmusiana

2+ Tujuan Teks Eksplanasi (Gambar Lengkap)

Apa tujuan dari teks eksplanasi? Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat satu teks yang disebut teks eksplanasi. Sebenarnya, tujuan pembuatan teks ini dapat diketahui jika kita memahami dengan baik definisi dari teks eksplanasi. Telah banyak referensi yang mengulas mengenai apa itu teks eksplanasi. Dari definisi tersebut, kita bisa mengetahui tujuan teks eksplanasi.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan Teks Eksplanasi

Umumnya, teks eksplanasi diartikan sebagai teks teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu, seperti fenomena alam atau sosial, dan bagaimana jalannya kejadian tersebut. Jadi, teks eksplanasi memiliki dua orientasi utama, yaitu untuk menjelaskan mengapa dan untuk menjelaskan bagaimana. Setiap teks eksplanasi harus memuat dua unsur utama ini.

Dari paparan di atas, kita sudah mendapatkan gambaran mengenai apa tujuan pembuatan teks eksplanasi. Supaya lebih jelas, uraian di bawah ini akan menjelaskan kepada Anda beberapa tujuan pembuatan teks eksplanasi.
Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tujuan teks eksplanasi semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya...

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi ada dua, yaitu menjelaskan tahapan, langkah, atau proses (bagaimana) terjadinya fenomena dan memberikan alasan (mengapa) yang mendasari terjadinya fenomena tersebut. Berikut ini kami jelaskan lebih rinci lagi:

1. Menjelaskan tahapan, langkah, atau proses (bagaimana)

Tujuan teks eksplanasi yang pertama adalah untuk memberikan penjelasan mengenai tahapan, langkah, atau proses terjadinya suatu fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial. Dengan kata lain, teks eksplanasi akan menjelaskan "bagaimana" jalannya suatu kejadian. Teks eksplanasi yang baik harus memuat penjelasan lengkap tentang bagaimana tahapan suatu peristiwa secara urut dan tuntas.

2. Memberikan alasan terjadinya fenomena

Selain menjelaskan bagaimana tahapan atau langkah suatu fenomena, teks eksplanasi juga bertujuan untuk memberikan alasan yang mendasari terjadinya fenomena tersebut. Jadi, dalam sebuah teks eksplanasi akan diberikan tempat khusus yang berisi penjelasan tentang alasan terjadinya suatu peristiwa. Hal ini bisa membantu pembaca untuk memahami fenomena secara utuh.

Demikianlah penjelasan tentang Tujuan Teks Eksplanasi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2+ Tujuan Teks Eksplanasi (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment