Learn Science With Ilmusiana

2+ Cara Reset Printer Epson L120 di Rumah (Video)

Tahukah kamu bagaimana cara mereset printer Epson L120? Ada kalanya, printer Epson L120 kita di rumah mogok bekerja. Hal tersebut ditandai dengan lampu LED orange (resume) dan hijau (power) pada printer Epson L120 yang menyala secara bergantian. Kondisi ini disebut juga dengan blinking printer Mengapa terjadi demikian?

Reset Printer Epson L120

Reset Printer Epson L120

Bagi orang yang kurang memahami masalah di atas, bisa langsung berpikiran bahwa printer Epson L120 mereka telah rusak karena tidak bisa melakukan print out lagi. Padahal, sebenarnya printer tersebut hanya perlu di reset ulang saja.

Blinking pada printer Epson L120 disebabkan oleh tercapainya batas maksimum jumlah percetakan yang telah dilakukan oleh printer. Sekedar informasi, setiap printer memiliki batas jumlah percetakan. Jika hal ini terjadi, maka printer akan berhenti bekerja. Pembatasan tersebut sengaja dipasang oleh produsen sebagai tanda bahwa Printer perlu diistirahatkan sejenak. 

Perhitungan jumlah percetakan atau print out Epson L120 tersimpan dalam sebuah chip EEPROM yang tertanam di mainbord printer. Dalam chip tersebut, kemampuan batas maksimum jumlah print out EPSON L120 terekam. Jadi, setiap kita melakukan percetakan, datanya akan terekam dalam chip tersebut.

Untungnya saja, data tersebut bisa kita nol-kan kembali dengan cara melakukan reset ulang pada printer Epson L120. Setelah melakukan reset, maka jumlah aktivitas percetakan yang telah kita lakukan akan terhapus atau perhitungannya kembali ke nol, atau sama keadaannya pada saat printer masih baru.

Lantas, bagaimana cara melakukan reset pada printer Epson L120? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan tutorial cara reset ulang printer Epson L120. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah, sehingga tidak perlu di bawah ke service center.

Cara Reset Printer Epson L120

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk melakukan reset printer Epson L120, yaitu cara manual dan cara otomatis. Caranya sangat gampang kok dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli. Reset manual dilakukan dengan permainan tombol saja, sedangkan reset otomatis dilakukan dengan bantuan Software khusus untuk proses reset.

Baiklah, berikut ini kami akan jelaskan satu per satu langkah-langkahnya:

1. Reset Manual Printer Epson L120

Seperti yang kami kemukakan di atas, reset manual printer Epson L120 dilakukan dengan cara permainan tombol. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan printer Epson L120 yang akan direset
  • Colokkan stop kontak, kemudian nyalakan printer dengan menekan tombol power
  • Matikan printer, biarkan selama 3 menit
  • Nyalakan kembali printer Epson L120
  • Tekan dan tahan tombol power, dilanjutkan dengan menekan tombol resume, tahan selama 5 detik, kemudian lepas (tombol power masih dalam keadaan tertekan).
  • Lakukan sekali lagi pada tombol resume, tahan selama 5 detik
  • Kemudian, lepaskan kedua tombol secara bersamaan
  • Printer Epson L120 telah siap digunakan kembali

2. Reset Otomatis Printer Epson L120 (Software)

Jika reset secara manual dirasa agak ribet, maka silahkan coba cara yang satu ini, yaitu reset printer Epson L120 secara otomatis dengan menggunakan bantuan software. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Download terlebih dahulu software Resetter Adjustment Program Epson L120 di sini
  • Buka ekstrak, kemudian jalankan software dengan klik AdjProg_L120.exe
1 software reset printer epson 120
  • Kemudian, akan muncul dialog pemilihan model printer, biasanya akan secara otomatis merujuk model name L120 jika dilaptop yang Anda gunakan telah terinstal driver printer. Jika belum, klik Select untuk memilih model print
2 software reset printer epson l120
  • Kemudian klik Particular Adjustment Mode
  • Setelah itu, akan muncul dialog fungsi pengoperasi printer, pilihlah Waste Ink Pad Counter pada bagian Maintenance, kemudian klik OK
3 software reset printer epson L120
  • Setelah itu, akan muncul halaman dialog Waste Ink Pada Counter, centang pada kolom Main Pad Counter, kemudian klik Check

4 software reset epson l120
  • Setelah itu akan muncul halam dialog berisi informasi jumlah poin penggunaan print dan batas maksimumnya 
software cara reset printer epson L120
  • Kemudian klik Initialize untuk menjalan proses reset Printer Epson L120
  • Untuk proses seluruhnya, silahkan nonton video berikut ini:
Demikianlah artikel tentang Cara Reset Printer Epson L120. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2+ Cara Reset Printer Epson L120 di Rumah (Video) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment