Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] IP Address Terdiri Atas Dua Bagian Yaitu?

Tahukah kamu, ternyata IP Address itu terdiri atas dua bagian lho. Keduanya memiliki tugas yang berbeda dalam suatu jaringan. Sebagaimana yang diketahui, IP Address merupakan singkatan dari Internet Protocol Address, yaitu deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam suatu jaringan.

IP Address

IP Address Terdiri Atas Dua Bagian Yaitu

Jadi, IP Addres bersifat unik dan berfungsi seperti sebuah alamat yang diberikan kepada setiap perangkat komunikasi yang terhubung ke jaringan. IP Addres ini dituliskan dalam bentuk bilangan desimal yang dipisahkan dengan titik (.).

Lantas, apa nama dua bagian utama pada IP Address? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kedua bagian tersebut. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang IP Address semakin bertambah.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

2 Bagian Utama IP Address

IP Address terdiri dari dua bagian utama, yaitu Network Identifier (Net ID) dan Host Identifier (Host ID). Berikut ini penjelasan dari masing-masing bagian tersebut: 

1. Network Identifier (Net ID)

Net ID adalah alamat jaringan yang menjadi tujuan dari semua komputer untuk terhubung. Nilai Net ID harus sama setiap komputer yang terhubung ke jaringan sama. Dengan kata lain, Net ID menunjukkan identitas jaringan komputer tempat komputer dihubungkan.

2. Host Identifier (Host ID)

Host Identifier atau Host ID adalah alamat komputer dalam suatu jaringan. Dengan kata lain, Host ID merupakan alamat unik yang merujuk ke suatu komputer. Alamat ini tidak boleh ada yang sama jika berada dalam jaringan yang sama.

Contoh IP Address

Misalnya, terdapat nomor IP Address dengan konfigurasi 193.160.5.1. Net Id dari IP Address ini adalah 193.160.5, sedangkan Host ID dari IP Address ini adalah 1.

Demikianlah penjelasan tentang IP Address Terdiri Atas Dua Bagian Yaitu. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] IP Address Terdiri Atas Dua Bagian Yaitu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment