Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Bagaimana Pilihan Kata dalam Puisi?

Tahukah kamu bagaimana pilihan kata dalam puisi? Pemilihan kata untuk menyampaikan gagasan dan ketepatan penggunaannya disebut diksi. Seorang penyair dalam mencurahkan pikiran dan perasaannya dalam puisi membutuhkan kemampuan untuk memilih kata-kata yang tepat sehingga dapat mewakili dan menggambarkan hal-hal yang dikehendakinya. 

bagiamana pilihan kata dalam puisi

Kemampuan memilih kata itu mencakup kemampuan memilih, kemudian menyusun kata-kata sedemikian rupa sehingga menimbulkan imajinasi estetis dalam artinya. Jika pemilihan kata-kata itu tepat maka akan menghasilkan karya yang puitis.

Pilihan Kata dalam Puisi

Pilihan kata adalah salah satu unsur pembentuk struktur yang sangat penting dalam puisi. Kata-kata yang digunakan dalam puisi biasanya adalah kata-kata yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Baca Juga:
Pilihan kata dalam puisi tidak ditentukan oleh ketepatan kata tersebut dilihat dari makna, tetapi pilihan kata yang digunakan didasarkan pada kemampuan kata itu untuk mengungkapkan rasa, angan-angan, dan pikiran. Beberapa sifat kata dalam puisi, yaitu:
  • Konotatif, yaitu kata yang dapat memiliki berbagai kemungkinan makna
  • simbolis, yaitu kata yang digunakan untuk melambangkan suatu konsep
  • Kiasan, yaitu kata perbandingan dan digunakan untuk menguatkan dan menjelaskan maksud tertentu.

Pentingnya Pilihan Kata dalam Puisi

Pemilihan kata dalam puisi sangat penting karena baik buruknya puisi amat ditentukan oleh pemilihan kata yang tepat. Begitu pentingnya sehingga untuk memanfaatkan kata tersebut harus memperhatikan rangkaian antara kata yang satu dengan kata yang lain yang dapat menimbulkan rangkaian bunyi yang merdu, makna yang dapat menimbulkan rasa estetis, dan kepadatan bayangan yang dapat menimbulkan kesan mendalam. 

Memilih kata untuk menulis puisi memang bukan pekerjaan mudah. Akibatnya, penulisan puisi kadang-kadang tidak bisa sekali jadi, tetapi melalu proses yang panjang. Dalam proses tersebut, puisi yang sudah selesai ditulis pun tidak jarang mengalami bongkar pasang kata berkali-kali sampai penyair merasa bahwa kata-kata yang dipilihnya itu benar-benar pas (tepat). 

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan: bagaimana pilihan kata dalam puisi? Maka, jawabannya: pilihan kata yang dipakai dalam puisi adalah kata yang mampu untuk mengungkapkan rasa, angan-angan, dan pikiran

Demikianlah penjelasan tentang Pilihan Kata dalam Puisi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
[Jawaban] Bagaimana Pilihan Kata dalam Puisi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment