Learn Science With Ilmusiana

Makna Kata Siramilah (Jawaban)

Apa makna dari kata siramilah? Berbicara tentang makna kata, artinya kita membicarakan tentang arti atau maksud yang tersimpul dari kata tersebut. Di dalam KBBI dijelaskan bahwa makna adalah pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan.

Makna Kata Siramilah (Jawaban)

Makna bisa terdapat pada suatu kata dasar, makna ini bisa saja berbeda ketika kata tersebut telah diberikan imbuhan atau akhiran. Misalnya pada contoh kata yang kita bahas sekarang ini "siramilah", berasal dari kata dasar "siram". 

Kata tersebut telah mendapatkan akhiran -lah. Bisa terjadi perbedaan makna sebelum dan sesudah diberikan akhiran. Olehnya itu, sangat penting bagi kita untuk menjelaskan makna dari suatu kata dasar, termasuk makna ketika kata tersebut telah diberikan awalan atau akhiran.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Makna Kata Siramilah

Kata "siramilah" mengandung makna instruksi atau perintah untuk melakukan perbuatan menyiram air dan sebagainya secara berkali-kali atau berulang-ulang. Kata siramilah merupakan turunan dari sebuah kata dasar yang telah mendapat imbuhan berupa akhiran.

Siram > Sirami > Siramilah

"Siramilah" berasal dari kata dasar "siram" yang telah mendapatkan akhiran "-i", sehingga menjadi "sirami". Akhiran "-i" pada kata tersebut berfungsi untuk menyatakan perbuatan menyiram secara berulang-ulang.

Selanjutnya, kata "sirami" diberi lagi akhiran "-lah" untuk membentuk kata "siramilah". Akhiran "-lah" pada kata ini berfungsi untuk menyatakan perintah kepada seseorang agar melakukan perbuatan siram secara berulang-ulang.

Di dalam KBBI sendiri, tidak terdapat kata "sirami" atau "siramilah". Variasi kata dasar "siram" di dalam KBBI, antara lain sebagai berikut:
  • siram/si·ram/ v, bersiram/ber·si·ram/ v hor mandi;
  • menyiram/me·nyi·ram/ v 1 mencurahkan air dan sebagainya pada; mengguyur; mendirus: dia - rambutnya dengan air santan supaya lemas; 2 membersihkan dengan mengguyurkan air pada: - kamar kecil;
  • menyirami/me·nyi·rami/ v menyiram berulang-ulang: ia - tanaman;
  • menyiramkan/me·nyi·ram·kan/ v menyiram dengan; mencurahkan pada: dia - air karbol pada lantai yang akan dipel;
  • siraman/si·ram·an/ n 1 hasil menyiram; guyuran; curahan: kalau hujan turun, penumpang akan terkena -- air hujan; 2 Jw upacara membersihkan pusaka pada setiap bulan Sura pada hari Jumat Kliwon: pusaka-pusaka keraton dibersihkan dalam upacara -; air bekas - yang dianggap bertuah; 3 Jw upacara memandikan pengantin: sebelum upacara akad nikah dilaksanakan, dilakukan upacara -;
  • persiraman/per·si·ram·an/ n perihal bersiram;
  • pesiraman/pe·si·ram·an/ n hor tempat mandi keluarga raja dan sebagainya; pemandian;
  • penyiram/pe·nyi·ram/ n orang yang menyiram(kan);
  • penyiraman/pe·nyi·ram·an/ n proses, cara, perbuatan menyiram(kan) 
Demikianlah penjelasan tentang Makna Kata Siramilah. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Makna Kata Siramilah (Jawaban) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment