Learn Science With Ilmusiana

8+ Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah (Jawaban)

Tahukah kamu apa saja tujuan pameran seni rupa di sekolah? Seperti yang diketahui, seni rupa adalah salah satu bidang seni yang dipelajari di sekolah. Hasil dari kesenian para siswa seringkali ditampilkan melalui pameran yang diselenggarakan oleh guru bidang studi bersama para siswa. Dalam pameran tersebut karya-karya buatan tangan siswa dipajang agar bisa disaksikan oleh seluruh warga sekolah.

tujuan pameran seni rupa di sekolah

Tidak jarang, melalui pameran itu diketahui terdapat siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni rupa. Inilah sebenarnya yang menjadi salah satu tujuan dari pameran tersebut. Potensi terpendam dari para siswa harus sebisa mungkin dieksplor oleh guru-guru di sekolah, agar bisa dikembangkan lebih lanjut. 

Meskipun kebanyakan di antaranya berbentuk pameran kecil-kecilan, tetapi bukan tidak mungkin dari pameran seni rupa di sekolah tersebut lahir sebuah karya seni rupa berkualitas. Guru dan siswa seharusnya antusias mengadakan dan mengikuti pameran ini. Tetapi, tentu saja dukungan pihak sekolah sangat diperlukan agar pameran ini bisa terselenggarakan dengan baik.

Nah, berikut ini akan kami uraikan beberapa tujuan pameran seni rupa di sekolah. Semoga pemaparan ini dapat membantu guru dan siswa untuk melihat manfaat yang bisa dipetik dari pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah

Berikut ini adalah beberapa tujuan pameran seni rupa di sekolah bagi para siswa:

1. Menumbuhkan Jiwa Seni Siswa

Salah satu tujuan utama dilaksanakannya pameran seni rupa di sekolah adalah menumbuhkan jiwa seni siswa. Melalui kegiatan ini, bakat-bakat seni dalam diri siswa ditumbuhkan dengan cara menghasilkan karya seni rupa, mulai dari yang paling sederhana sampai kompleks. Siswa akan termotivasi untuk mengembangkan bakat-bakat seninya dalam bentuk karya.

2. Mengembangkan Kreativitas Siswa

Setelah jiwa seni tumbuh, secara otomatis pameran seni rupa ini juga bisa mengembangkan kreativitas siswa. Siswa akan termotivasi untuk menghasilkan karya-karya kreatif hasil ciptaan pikirannya sendiri untuk ditampilkan di ajang pameran. Melalui kegiatan tersebut, kreativitas siswa dapat dikembangkan lebih lanjut.

3. Melatih Semangat Apresiasi Siswa

Pameran seni rupa di sekolah juga bertujuan untuk melatih semangat apresiasi siswa. Siswa dibiasakan untuk menghargai karya orang lain. Apresiasi bisa hadir dalam bentuk saran dan kritik membangun dalam melakukan penilaian terhadap karya orang lain. Dengan cara ini, secara otomatis akan mengasah pengetahuan seni rupa siswa.

4. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berkarya

Tujuan utama dari pameran seni rupa adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya. Sebab terkadang ada siswa yang memiliki bakat seni tetapi tidak tersalurkan dengan baik karena tidak ada faktor-faktor pemicu. Salah satu faktor pemicu tersebut antara lain melalui pameran seni rupa di sekolah.

5. Menumbuhkan Daya Saing Siswa 

Tujuan lain dari pameran seni rupa di sekolah adalah menumbuhkan semangat daya saing siswa. Siswa akan berusaha menampilkan karya terbaiknya agar keluar sebagai juara di pameran tersebut. Dengan begitu, semangatnya dalam berkarya di bidang seni rupa akan semakin terasah.

Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah: Sosial, Kemanusiaan, dan Komersial

Tujuan dari pelaksanaan seni rupa di sekolah juga dapat ditinjau dari segi sosial, kemanusiaan, dan komersial. Berikut ini penjelasannya:

6. Tujuan Sosial

Pameran seni rupa di sekolah juga dapat bertujuan secara sosial, yaitu karya-karya seni yang berhasil terjual bisa digunakan untuk penggalan dana bantuan sosial bagi orang yang membutuhkan. Misalnya, membantu teman yang sedang terkena musibah.

7. Tujuan Kemanusiaan

Teman yang telah terbantu dari hasil penggalangan dana tadi telah terbantu secara kemanusiaan melalui pameran seni rupa tersebut. Itulah sebabnya mengapa sehingga pameran seni rupa di sekolah juga dianggap memiliki tujuan kemanusiaan sehingga sangat bagus untuk dilaksanakan secara rutin.

8. Tujuan Komersial

Karya-karya seni rupa dari para siswa bisa dikomersialkan dengan harga tertentu agar pengunjung yang tertarik bisa membelinya. Dengan begitu, maka siswa akan mendapatkan uang dari hasil karya seninya. Bukan tidak mungkin, melalui kegiatan ini siswa akan terbuka pikirannya untuk berkarir di bidang seni rupa.

Demikianlah penjelasan tentang Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
8+ Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah (Jawaban) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment