Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Berikan 2 Contoh Hambatan Menggunakan Biogas

Artikel ini akan memberikan 2 (dua) contoh hambatan menggunakan biogas sebagai sumber energi alternatif. Sebagaimana yang diketahui, biogas adalah gas yang berasal dari pengolahan kotoran hewan atau ternak. Gas tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti elpiji untuk keperluan memasak. Bahkan, bisa digunakan untuk menghidupkan mesin.

Berikan 2 Contoh Hambatan Menggunakan Biogas

Kandungan energi 1 meter kubik biogas sekitar 6.000 watt jam. Energi ini setara dengan setengah liter minyak diesel dan 0,4 kg gas elpiji. Untuk menghasilkan gas sebanyak itu, diperlukan sekitar 10 kg kotoran sapi. Jumlah tersebut merupakan banyaknya kotoran 1 ekor sapi setiap harinya. Jadi, jika jumlah sapinya banyak, maka semakin banyak pula gas yang bisa dihasilkan.

Keuntungan yang bisa diperoleh dengan penggunaan energi biogas adalah bahan-bahannya yang mudah didapat dan energinya yang ramah lingkungan. Biogas merupakan tipe gas bertekanan rendah, sehingga jauh dari resiko meledak. Selain itu, api yang dihasilkan oleh biogas lebih biru dan lebih panas dari gas elpiji.

Namun, dibalik semua keuntungan yang diberikan, belum semua orang bisa memanfaatkan biogas. Terdapat beberapa faktor penghambat yang menyebabkan biogas belum digunakan secara luas. Di dalam materi kali ini, kami akan menjelaskan dua hambatan tersebut.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini urainnya...

2 Contoh Hambatan Menggunakan Biogas 

Berikut ini adalah 2 contoh hambatan menggunakan biogas sebagai sumber energi alternatif:

1. Biaya Pembuatan Mahal

Salah satu faktor penghambat penggunaan biogas adalah biaya pembuatan yang lumayan mahal. Untuk membuat satu instalasi biogas skala rumah tangga ukuran 4 m3 adalah Rp. 5 juta sampai Rp. 6 juta. Biaya terbesar digunakan untuk pembangunan digester berbentuk kubah tempat penampungan kotoran hewan. Sisanya, digunakan untuk membangun jaringan pipa gas.

2. Ketersediaan Bahan

Banyak orang yang ingin menggunakan biogas, tetapi mereka terkendala dengan ketersediaan kotoran hewan. Untuk memenuhi kebutuhan gas setiap harinya, maka diperlukan minimal 2 ekor sapi yang akan diambil kotorannya. Setiap sapi akan menghasilkan sekitar 15-20 kg kotoran setiap hari. 2 ekor sapi cukup untuk memproduksi 1-2 m3 biogas.

Demikianlah penjelasan tentang Berikan 2 Contoh Hambatan Menggunakan Biogas. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Berikan 2 Contoh Hambatan Menggunakan Biogas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment