Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Apakah Pengembangan Biogas Termasuk Kegiatan yang Ramah Lingkungan?

Artikel ini akan menjelaskan apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan atau tidak. Kita akan mempelajari apakah ada pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan biogas sebagai sumber energi. Hal ini menjadi penting untuk diketahui, sebab beberapa sumber energi utama yang kita kenal saat ini memiliki dampak lingkungan berupa polusi.

Apakah Pengembangan Biogas Termasuk Kegiatan yang Ramah Lingkungan

Sebagaimana yang diketahui, biogas adalah gas yang berasal dari hasil fermentasi bahan-bahan organik. Komposisi utama biogas terdiri dari gas metana (CH4), karbon dioksida (CO2), dan campuran lainnya. Biogas memiliki kandungan energi alternatif pengganti bahan bakar lainnya. Sebagai perbandingan, 1 m3 setara dengan setengah liter solar dan 0,4 kg gas elpiji.

Untuk menghasilkan gas sebanyak itu, diperlukan sekitar 10 kg kotoran sapi. Jumlah tersebut merupakan banyaknya kotoran 1 ekor sapi setiap harinya. Jadi, jika jumlah sapinya banyak, maka semakin banyak pula kotoran sapi yang bisa diubah menjadi biogas. 

Menurut kamu, apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Nah, kita akan menelisik lebih jauh lagi mengenai kaitan antara pengembangan biogas dengan lingkungan. Kami akan mengajak pembaca untuk melihat sejauh mana pengaruh yang diberikan oleh biogas terhadap lingkungan.

Baca Juga:
Yuk, berikut uraiannya...

Hubungan antara Pengembangan Biogas dengan Lingkungan

Biogas memiliki kaitan erat dengan lingkungan. Aktivitas peternakan berupa limbah akan mencemari lingkungan sekitar jika dibiarkan bertumpuk. Lingkungan yang kotor akan mempercepat perkembangan penyakit dan parasit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. 

Oleh karena itu, rantai penularan penyakit harus diputus agar kesehatan lingkungan bisa terjaga. Salah satu cara untuk memutus rantai tersebut adalah membuat biogas. Semua limbah sisa peternakan, seperti kotoran dan sisa pakan digunakan sebagai bahan penghasil biogas.

Biogas yang telah ada minimal dapat mengurangi limbah yang dibuang ke sungai sehingga tingkat pencemaran sungai akibat limbah dapat dikurangi.

Apakah Pengembangan Biogas Termasuk Kegiatan yang Ramah Lingkungan?

Jadi, jika terdapat pertanyaan apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? maka jawabannya adalah "Yah, biogas merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan" Alasannya adalah biogas dapat membantu mengurangi limbah dan gas yang dihasilkan tidak berbahaya bagi lingkungan.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan Apakah Pengembangan Biogas Termasuk Kegiatan yang Ramah Lingkungan. Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Apakah Pengembangan Biogas Termasuk Kegiatan yang Ramah Lingkungan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment