Learn Science With Ilmusiana

Inilah Mayoritas Agama di India 2020

Artikel ini akan menginformasikan mayoritas agama di India di tahun 2020 ini. India adalah negara terbesar di antara negara Asia Selatan yang lain. Berdasarkan sensus terakhir, jumlah penduduk India adalah 1,33 miliar jiwa. Jumlah tersebut hampir seperenam penduduk bumi. Hal tersebut menjadikan India sebagai negara berpenduduk terbanyak kedua setelah Cina.

mayoritas agama di india

Penduduk India umumnya tersebar di daerah pedesaan, yaitu mencapai 72%. Konsentrasi penduduk perkotaan terdapat di empat kota utama, yaitu Bombay, Kalkuta, New Delhi, dan Madras. Nama India awalnya diambil dari kata Sindu (Indus). Kata tersebut merupakan salah satu nama sungai yang mengalir di bagian barat daya India.

India merupakan letak peradaban kuno seperti Peradaban Lembah Sungai Indus dan merupakan tempat kelahiran agama utama dunia: Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merdeka dari Inggris pada tahun 1947.

Lantas, untuk tahun 2020 ini, apakah agama mayoritas di India? Nah, materi ini akan menjelaskan agama mayoritas yang banyak dipeluk oleh penduduk India. Semoga setelah membaca artikel ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Yuk, berikut ini uraiannya...

Mayoritas Agama di India 2020

Agama mayoritas di India adalah agama Hindu yang dianut sekitar 82,64% penduduk India. Penduduk India juga memeluk agama Islam, yaitu sekitar 11,35%. Sisanya, menganut agama Kristen, Sikh, Buddha, dan Jainisme. Pola kebudayaan masyarakat India sangat diwarnai oleh pengaruh agama Hindu. Penduduk India yang beragama Hindu juga menganggap suci terhadap lembu, sebab hewan tersebut dianggap sebagai kendaraan yang selalu digunakan Dewa Siwa. 

Selain lembu, penduduk India menganggap suci sungai, terutama Sungai Gangga dan Sungai Yamuna yang berhulu di Pegunungan Himalaya. Menurut kepercayaan penganut agama Hindu di India, kedua sungai tersebut berasal dari Swargaloka (surga) di puncak Gunung Himalaya.

Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan Hindu di India berkaitan dengan sistem kepercayaan bangsa Arya yang masuk ke India. Pada dasarnya agama Hindu adalah sinkretisme kepercayaan masyarakat asli di India (Dravida) dengan bangsa pendatang (Arya). Bangsa Arya yang telah berada di India mengembangkan sistem kepercayaan dan kemasyarakatan yang sesuai dengan tradisi yang dimilikinya. 

Sistem kepercayaan itu berupa penyembahan terhadap banyak dewa yang dipimpin oleh golongan pendeta atau barhmana. Keyanikan bangsa Arya terhadap kepemimpinan kaum brahmana dalam melakukan upacara melahirkan kepercayaan brahmanisme.

Demikianlah penjelasan tentang Mayoritas Agama di India. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Inilah Mayoritas Agama di India 2020 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment