Learn Science With Ilmusiana

Penyebab Jarum Menempel pada Batang Magnet

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Apa yang menyebabkan jarum menempel pada batang magnet?" Sebagaimana yang diketahui, magnet adalah sejenis benda yang dapat menarik benda lain di sekitarnya. Tarikan itu disebabkan oleh adanya gaya atau medan yang dapat mempengaruhi benda. Jenis benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet disebut benda feromagnetik.

Penyebab Jarum Menempel pada Batang Magnet

Benda feromagnetik adalah benda yang terbuat dari besi, baja, nikel, dan kobalt. Jadi, jika ada benda di sekitar kamu yang terbuat dari bahan-bahan ini, maka sudah pasti benda tersebut bisa ditarik oleh magnet. Ada juga benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik, sementara benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda diamagnetik.

Kamu bisa melakukan percobaan di rumah, tempelkan benda-benda yang ada di sekitar kamu pada sebuah magnet. Pasti ada yang bisa menempel dan ada juga yang tidak. Sekarang, cobalah ambil jarum, kemudian dekatkan pada magnet tersebut. Apa yang terjadi? Yah benar, jarum akan menempel pada magnet.

Apa yang menyebabkan jarum menempel pada batang magnet? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami jelaskan jawaban beserta alasannya dalam uraian kali ini. 

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Penyebab Jarum Menempel pada Batang Magnet 

Jarum dapat menempel pada batang magnet karena jarum terbuat dari bahan feromagnetik, seperti besi atau baja. Semua benda yang terbuat dari bahan feromagnetik dapat dengan mudah menempel jika didekatkan pada sebuah magnet. Bahan feromagnetik terdiri dari besi, baja nikel, dan kobalt. Itulah sebabnya mengapa sehingga jarum bisa menempel pada batang magnet.

Demikianlah penjelasan tentang Penyebab Jarum Menempel pada Batang Magnet. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Penyebab Jarum Menempel pada Batang Magnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment