Learn Science With Ilmusiana

(Jawaban) Keberadaan Kutub Magnet Batang di Potong

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "jika sebuah magnet batang dipotong maka keberadaan kutubnya?" Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan untuk menarik benda lain di sekitarnya. Kemampuan tersebut di dapat dari adanya gaya atau medan gaya yang melingkupi keseluruhan tubuh magnet. Benda yang berada dalam jangkauan medan gaya tersebut akan dipengaruhi atau tertarik menuju magnet.
jika sebuah magnet batang dipotong maka keberadaan kutubnya
Magnet memiliki dua buah kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara. Kutub tersebut merupakan ciri khas alami dari sebuah magnet. Gari-garis gaya keluar dari kutub utara dan masuk melalui kutub selatan. Di kutub ini pula letak dari sebagian besar kekuatan magnet. 

Sifat yang dimiliki oleh kedua kutub tersebut adalah jika bertemu dengan kutub senama (utara-utara atau selatan-selatan), maka magnet akan saling tolak-menolak. Tetapi, jika bertemu dengan kutub tidak senama (utara-selatan), maka magnet akan saling tarik-menarik. 

Lantas, apa yang terjadi jika sebuah magnet batang dipotong? Di manakah letak keberadaan kutubnya? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami uraikan jawabannya dalam artikel ini. Di forum pembelajaran online, banyak pelajar yang menanyakan ini.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Keberadaan Kutub Magnet Batang di Potong

Jika sebuah magnet batang di potong, maka akan terbentuk dua kutub baru di tiap potongannya. Keberadaan kutubnya tetap sama seperti keadaan semula, yaitu berpasangan. Tiap potongan memiliki kutub utara dan selatan sendiri-sendiri. Dipotong sekecil apapun, dua kutub itu akan selalu berdampingan. Perhatikan gambar berikut ini:
keberadaan kutub magnet batang dipotong
Gambar di atas memperlihatan sebuah magnet batang yang dipotong menjadi tiga bagian. Jika sebelum dipotong kutub utara terletak di sebelah kiri dan kutub selatan terletak di sebelah kanan, maka setelah dipotong keberadaan kutubnya akan tetap seperti itu.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan Jika Sebuah Magnet Batang Dipotong maka Keberadaan Kutubnya. Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
(Jawaban) Keberadaan Kutub Magnet Batang di Potong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment