Learn Science With Ilmusiana

(Jawaban) Magnet yang Bekerja Memanfaatkan Medan Magnet Bumi

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah..." Soal pilihan ganda IPA Terpadu (Fisika) kelas 9. Untuk menjawab soal ini maka kalian harus memahami bentuk-bentuk magnet dan kaitannya dengan medan magnet bumi. Sebagaimana yang diketahui, bumi juga memiliki medan magnet.

Medan magnet bumi itulah yang membuat jarum kompas selalu menunjuk utara dan selatan. Kutub utara bumi dapat dianggap sebagai kutub selatan magnet bumi, sedangkan kutub selatan bumi dapat dianggap sebagai kutub utara magnet bumi. Medan magnet bumi berfungsi sebagai perisai untuk melindungi bumi dari partikel-partikel kosmik yang berasal dari luar angkasa.

Manusia telah berhasil membuat magnet dengan berbagai macam bentuk, seperti batang, ladam, U, dan jarum. Magnet ini dibuat dari bahan-bahan feromagnetik, yaitu bahan yang ditarik kuat oleh magnet dan dapat diubah menjadi magnet. Contoh bahan tersebut antara lain: baja, besi, nikel, dan kobalt.
Lantas, mana dari bentuk magnet di atas yang bekerja dengan memanfaatkan magnet bumi? Nah, uraian di bawah ini akan menjelaskan bentuk magnet yang cara kerjanya memanfaatkan medan magnet bumi.

Magnet yang Bekerja Memanfaatkan Medan Magnet Bumi 

Magnet yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah magnet jarum. Magnet ini sering digunakan pada kompas, sebuah alat yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Magnet jarum di dalam kompas dibiarkan bebas agar bisa berputar menunjuk arah. Ujung-ujung jarum (kutub) akan selalu ditarik oleh magnet yang ada di bagian utara dan selatan bumi. Berikut ini gambar kompas dengan magnet jarum:
Magnet yang Bekerja Memanfaatkan Medan Magnet Bumi

Kesimpulan

Pertanyaan: 

Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah...

A. Magnet Batang
B. Magnet Ladam
C. Magnet U
D. Magnet Jarum 

Jawaban

D. Magnet Jarum

Demikianlah jawaban dari Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah. Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
(Jawaban) Magnet yang Bekerja Memanfaatkan Medan Magnet Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment