Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Prinsip pada Bioteknologi adalah?

Artikel ini akan menjelaskan seputar prinsip pada bioteknologi. Sebagaimana yang diketahui, bioteknologi adalah suatu teknik modern untuk mengubah bahan mentah melalui transformasi biologi sehingga menjadi produk yang berguna. Tujuan bioteknologi adalah untuk kesejahteraan hidup manusia.

Prinsip pada Bioteknologi adalah

Secara umum, biokteknologi terbagi menjadi dua yaitu bioteknologi konvesional (tradisional) dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvesional dicirikan oleh prosesnya yang sangat sederhana, tidak diproduksi dalam jumlah besar, dan belum menggunakan prinsip-prinsip ilmiah. Contoh bioteknologi konvesional dalam kehidupan sehari-hari, seperti; pembuatan tempe, tape, kecap, dan tuak.

Sementara itu, bioteknologi modern adalah proses bioteknologi yang dilakukan secara modern dan mengikut prinsip ilmiah. Bioteknologi modern menggunakan mikroorganisme dan bagian-bagian tubuh organisme (tumbuhan dan hewan), serta skala produksi yang besar. 

Lantas, seperti apa prinsip pada bioteknologi? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan materi seputar prinsip pada bioteknologi. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca dapat bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Prinsip pada Bioteknologi

Prinsip pada bioteknologi adalah memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme. Mikroorganisme adalah makhluk hidup satu sel yang tidak dapat dilihat secara kasat mata, disebut juga dengan mikroba. Mikroorganisme dimanfaatkan untuk mengubah bahan baku menjadi suatu produk atau jasa. 

Contoh produk yang dihasilkan dari pemanfaatan mikroorganisme adalah roti, tempe, kecap, mentega, dan keju. Mikroorganisme digunakan untuk memulai proses peragian, mereka umumnya berasal dari kelompok jamur dan bakteri.

Mikroorganisme tersebut akan menghasilkan enzim pada saat proses peragian. Enzim inilah yang akan mengubah bahan pangan menjadi jenis lain yang dapat memberikan nilai tambah.Mikroorganisme melakukan proses-proses metabolisme yang dapat memberikan keuntungan bagi manusia dengan menghasilkan produk bioteknologi.

Kesimpulan

Pertanyaan

Prinsip pada Bioteknologi adalah...
A. Menggunakan teknik fermentasi
B. Memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial
C. Menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen
D. Memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Jawaban

D. Memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Demikianlah penjelasan tentang Prinsip pada Bioteknologi adalah. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Prinsip pada Bioteknologi adalah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment