Learn Science With Ilmusiana

2+ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan

Artikel ini akan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan. Sebagaimana yang diketahui, tekanan adalah besaran yang menyatakan besarnya gaya yang diterima oleh sebuah permukaan. Materi tentang tekanan sering dipelajari oleh siswa di sekolah dalam mata pelajaran IPA Terpadu (Fisika), baik di tingkat SMP maupun SMA.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti telah familiar dengan tekanan. Ketika kita berdiri di lantai, maka pada saat itu kaki sedang menekan permukaan lantai. Ketika kita hendak menutup daun jendela yang macet, maka tangan kita harus mendorong dengan kuat agar bisa tertutup dengan rapat, dorongan itu adalah tekanan.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap besarnya tekanan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kalian tentang tekanan semakin bertambah.

Yuk, berikut ini penjelasannya...

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan 

Ada dua faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan, yaitu gaya tekan dan luas bidang tekan. Hubungan antara keduanya sering dituliskan dengan rumus:

P = F / A

Keterangan: 
  • P = Tekanan (Pa)
  • F = Gaya tekan (N)
  • A = Luas bidang tekan (m2)

1. Gaya Tekan

Gaya tekan adalah gaya yang dikeluarkan untuk menekan permukaan bidang. Semakin besar gaya tekan, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Begitupun sebaliknya, semakin kecil gaya tekanan, maka tekanan yang dihasilkan juga akan kecil.

2. Luas Bidang Tekan

Luas bidang tekan adalah luas permukaan benda yang melakukan tekanan. Semakin kecil luas bidang tekan, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan. Begitupun sebaliknya, semakin luas bidang tekanan, maka tekanan yang dihasilkan akan kecil.

Demikianlah penjelasan tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
2+ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment