Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Apa Maksud dari Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya?

Artikel ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan harmoni dalam keberagaman sosial budaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa, perbedaan dalam sosial budaya merupakan suatu keniscayaan. Keberagaman di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor antara lain letak wilayah Indonesia, kondisi negara kepulauan, perbedaan kondisi alam, keadaan transportasi dan komunikasi, penerimaan masyarakat terhadap perubahan, dan ilmu pengetahuan.

Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya

Keberagaman sosial budaya di Indonesia disebabkan oleh keberagaman Suku, Agama, dan Ras. Keberagaman sosial dan budaya di Indonesia meliputi keberagaman mata pencaharian, tarian, makanan, rumah adat, pakaian adat, makanan tradisional, dan kesenian tradisional yang berbeda. Fakta ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia kaya akan ragam budaya. Semua budaya yang ada di Indonesia merupakan satu budaya yaitu budaya nasional Indonesia

Keberagaman sosial budaya merupakan ciri yang menonjol pada masyarakat bangsa Indonesia. Keberagaman tersebut merupakan kenyataan historis dan sosial yang tidak dapat disangkal oleh siapapun. Keragaman seharusnya saling mengisi untuk membentuk sebuah kehidupan masyarakat yang penuh keindahan dan harmoni.

Lantas, apa yang dimaksud dengan harmoni dalam keberagaman sosial budaya? Nah, dalam uraian ini kami akan menjelaskan maksud dari harmoni tersebut. Kami akan mengajak pembaca untu mengetahui seperti apa harmoni dalam keberagaman sosial budaya.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Pengertian Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya

Harmoni dalam keberagaman sosial budaya adalah keserasian atau keselarasan dalam kekayaan sosial dan budaya yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, sesuai amanat sila ketiga Pancasila. Dalam Pancasila terkandung harmoni yang merupakan dasar munculnya keselarasan di tengah keberagaman dan perbedaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Contoh Harmoni dalam Keragaman Sosial Budaya

Kebudayaan Indonesia yang beragam dapat dirasakan dan diamati dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. Di lingkungan tempat tinggal, sekolah, tempat bekerja, dan tempat lainnya akan ditemukan keragaman budaya tersebut. Keragaman budaya juga bisa diamati dari bentuk kebudayaan khasnya, di antaranya adalah adat istiadat, rumah adat, upacara adat, tarian daerah, dan alat musik daerah.

Salah satu contoh dari harmoni dalam keragaman sosial budaya adalah dengan menghormati dan bersikap toleran terhadap semua budaya yang ada di Indonesia. Dengan begitu akan tercipta keselarasan dalam kehidupan.

Demikianlah penjelasan tentang Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Apa Maksud dari Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment