Learn Science With Ilmusiana

3+ Alasan Manusia Harus Melakukan Kerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Artikel ini akan menjelaskan 3 alasan mengapa sehingga manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia dalam kesehariannya disibukkan dengan kegiatan pemenuhan kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, sampai tersier. Tidak ada manusia yang terlepas dari kesibukan pemenuhan kebutuhan, sekurang-kurangnya kebutuhan primer.

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Kebutuhan diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Misalnya, manusia butuh makan agar bisa hidup, artinya manusia harus menyiapkan makanan untuk dirinya setiap hari. Mulai dari bahan-bahan makanan sampai dengan proses pengolahannya. Bahan makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia dalah beras.

Dari manusia mendapatkan beras? Bagi orang-orang perkotaan, mereka mendapatkan beras dengan membelinya ke pasar atau toko. Pasar atau toko mendapatkan beras tersebut dari distributor yang bertindak sebagai pengumpul. Sementara itu, pengumpul mendapatkan beras ini dari hasil panen para petani di sawah.

Ilustrasi sederhana di atas menunjukkan bahwa manusia memiliki ketergantungan dengan manusia lainnya. Tidak ada manusia yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Bahkan petani pun yang berada di urutan pertama dalam rantai di atas juga membutuhkan bibit padi, pupuk, dan alat-alat pertanian dari orang lain.

Baca Juga:
Oleh karena itu, diperlukan harus ada kerja sama antar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada banyak alasan yang mendasari kerja sama tersebut, berikut ini kami uraikan 3 di antaranya.

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Ada tiga alasan mengapa manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, antara lain sebagai berikut:

1. Manusia adalah Makhluk Sosial 

Alasan pertama mengapa manusia harus kerja sama adalah karena manusia merupakan makhluk sosial yang hidup bersama orang lain di dalam suatu komunitas. Unit komunitas terkecil dalam kehidupan manusia adalah keluarga. Seluruh anggota keluarga harus melakukan kerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ayah mencari nafkah dan ibu memasak di dapur merupakan contoh kerja sama di dalam keluarga.

2. Kemampuan Manusia yang Terbatas

Alasan kedua mengapa manusia harus kerja sama adalah karena kemampuan manusia yang terbatas, sementara kebutuhannya tidak terbatas ketika ia masih hidup. Sebagaimana ilustrasi di awal, tidak semua manusia mampu menanam beras sendiri untuk memenuhi kebutuhan makanan. Ia membutuhkan orang lain untuk mendapatkan beras tersebut.

3. Adanya Kesamaan Kebutuhan

Alasan ketiga mengapa manusia harus kerja sama adalah karena adanya persamaan kebutuhan. Misalnya, dalam hal kebutuhan primer, semua manusia butuh makan, pakaian, dan tempat tinggal. Semua kebutuhan tersebut sangat sulit untuk dipenuhi sendiri-sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dengan manusia lainnya agar kebutuhan-kebutuhan itu bisa dengan mudah terpenuhi.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Alasan Manusia Harus Melakukan Kerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment