Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Hak dan Kewajiban Harus Seimbang?

Tahukah kamu mengapa hak dan kewajiban harus seimbang? Penting diketahui, selain hak, setiap orang juga memiliki kewajiban. Pelaksanaannya harus seimbang sebagai bagian dari sikap berlaku adil. Mungkin, kebanyakan orang hanya tahu menuntut hak, tetapi kerap melupakan adanya kewajiban yang harus dijalankan.

Hak dan Kewajiban

Mengapa Hak dan Kewajiban Harus Seimbang

Secara sederhana, hak dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang seharusnya kita peroleh dari orang lain. Sedangkan, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus kita laksanakan atau berikan kepada orang lain.

Hak dan kewajiban itu bisa berlaku dimana saja, bisa dilingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Misalnya, setiap orang yang ada dalam sebuah keluarga itu memiliki tanggung jawab yang berbeda. Mereka juga memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-beda. Seharusnya, antara hak dan kewajiban tidak boleh berat sebelah. Dalam pelaksanaannya hak dan kewajiban harus seimbang.

Jika orang menuntut hak lebih besar daripada kewajibannya, maka ia dapat merugikan orang lain. Lantas, mengapa hak dan kewajiban harus seimbang? Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa sehingga hak dan kewajiban harus seimbang.

Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang keseimbangan hak dan kewajiban semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya...

Mengapa Hak dan Kewajiban Harus Seimbang

Alasan mengapa sehingga hak dan kewajiban harus dilaksanakan seimbang, antara lain sebagai berikut:

1. Agar Tercapai Harmonisasi

Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang agar tercipta keserasian atau harmonisasi. Olehnya itu, untuk mencapai keseimbangan hak dan kewajiban diperlukan aturan yang melandasi semua orang sebagai makhluk sosial dan bagian dari masyarakat lainnya.

2. Tercipta Hubungan Timbal Balik Positif

Hak dan kewajiban dalam pelaksanaannya harus seimbang agar tercipta ikatan kesinambungan antar sesama manusia. Ikatan itu akan melahirkan hubungan timbalik balik yang positif untuk mewujudkan kerukunan.

3. Terjalinnya Persatuan dan Kesatuan

Hak dan kewajiban yang dilaksanakan secara seimbang akan menciptakan hubungan yang harmonis dan selaras, baik dilingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Keseimbangan ini selanjutnya akan mewujudkan persatuan dan kesatuan sebagaimana yang tercantum dalam sila ketiga Pancasila.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Hak dan Kewajiban Harus Seimbang. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Hak dan Kewajiban Harus Seimbang? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment