Learn Science With Ilmusiana

Beda Booster Pump dengan Pompa Biasa

Apa sih bedanya antara booster pump (pompa pendorong) dengan pompa biasa (pompa hisap)? Nah, di artikel kali ini mimin akan menjelaskan perbedaannya.

Cukup banyak pertanyaan yang masuk ke inbox mimin mengenai kedua jenis pompa ini, meskipun sama-sama sebagai pompa air, memang terdapat perbedaan penggunaan antara keduanya.

Pompa biasa digunakan untuk menghisap atau menyedot air dari dalam sumur, bisa juga disebut sebagai pompa utama.

Sementara itu, booster pump digunakan sebagai pompa pendorong untuk menambah tekanan air agar keluarannya lebih deras pada keran.

Sebenarnya, jika dilihat dari konstruksinya, terdapat beberapa komponen yang membedakan antara booster pump dengan pompa biasa.

Komponen apakah itu? Baiklah, berikut ini penjelasannya...

Beda Booster Pump dengan Pompa Biasa

Beda Booster Pump dengan Pompa Biasa

Untuk diketahui, beda booster pump dengan pompa biasa adalah pada bagian saklar otomatisnya di mana booster pump menggunakan Flow Switch (FS), sedangkan pompa biasa menggunakan Pressure Switch.

Flow switch berkerja berdasarkan aliran air di mana alat ini akan menghidupkan pompa ketika mendeteksi adanya aliran air dan mati ketika aliran air berhenti.

Sementara itu, pressure switch bekerja berdasarkan tekanan air untuk mematikan dan menghidupkan pompa. 

Selain itu, booster pump dengan pompa biasa juga memiliki perbedaan pada bentuk impellernya.

Bentuk impeller booster pump hanya dirancang untuk mendorong air saja, sedangkan impeller pompa biasa dirancang untuk menghisap air.

Dari beberapa perbedaan di atas, pompa biasa sebenarnya bisa diubah menjadi pompa pendorong dengan mengganti komponen pressure switch dengan flow switch.

Tetapi, untuk sebaliknya tidak bisa yaitu mengubah booster pump menjadi pompa biasa karena model impeller booster pump tidak dirancang untuk menghisap air.

Penutup

Jadi, beda booster pump dengan pompa biasa adalah pada bagian saklar otomatisnya di mana booster pump menggunakan Flow Switch (FS), sedangkan pompa biasa menggunakan Pressure Switch.

Gimana, udah tahu kan bedanya antara booster pump dengan pompa biasa? Jangan bingung lagi yah.

Baca Juga:

Sekian dulu penjelasan kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.

Beda Booster Pump dengan Pompa Biasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment