Learn Science With Ilmusiana

Ciri-Ciri Impeller Pompa Air Rusak

Impeller merupakan salah satu komponen penting pada mesin pompa air. Jika impeller ini rusak, maka kinerja pompa air pasti terganggu, seperti apa sih ciri-cirinya?

Nah, di artikel kali ini, mimin akan berbagi pengalaman dalam mengenali tanda-tanda kerusakan pada komponen impeller pompa air.

Sebagaimana kerusakan pada komponen lainnya, pasti ada gejala yang ditunjukkan oleh pompa air di mana pompa tidak bekerja secara normal dalam menyedot air seperti hari-hari sebelumnya.

Tanda-tanda umum yang sering terlihat adalah debit yang dihasilkan oleh pompa air mengalami penurunan atau kadang juga tidak ada sama sekali.

Namun, tanda ini belum cukup bagi kita untuk mengetahui apakah impeller yang rusak atau justru komponen lainnya.

Olehnya itu, proses indentifikasi secara lengkap penting dilakukan untuk memastikan komponen yang bermasalah.

Lantas, jika impeller yang rusak, apa saja ciri-cirinya? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Ciri-Ciri Impeller Pompa Air Rusak

Ciri Ciri Impeller Pompa Air Rusak

Untuk diketahui, ciri-ciri impeller pompa air yang rusak adalah putaran mesin normal tetapi daya hisap atau dorong pompa lemah, akibatnya tekanan dan debit air yang dihasilkan berkurang.

Selama ini, banyak yang menyangka bahwa ketika daya hisap/dorong air lemah, maka dinamo atau kapasitor pompa yang bermasalah.

Meskipun benar, tapi hal tersebut bukanlah satu-satunya penyebab karena daya hisap/dorong pompa juga sangat bergantung pada komponen impeller.

Bentuk impeller dengan desain sedemikian rupa menghasilkan mekanisme hisapan atau dorongan air ketika berputar.

Jadi, ketika daya hisap/dorong pompa lemah, pastikan terlebih dahulu kondisi putaran mesin, jika normal-normal saja, maka bisa dipastikan impeller-nya rusak.

Impeller yang rusak bisa diperhatikan dari bentuknya yang telah aus dengan permukaan yang sudah tidak rata atau bisa juga karena gigi-giginya telah banyak yang patah.

Banyak yang mengakalinya dengan mengamplas permukaan tersebut agar rata kembali seperti saat masih baru, di youtube ada tutorialnya.

Tapi, menurut mimin sebaiknya langsung diganti saja dengan impeller yang baru lagian harganya juga tidak mahal-mahal amat kok, hanya sekitar Rp. 30.000 - Rp. 45.000.

Penutup

Jadi, ciri-ciri impeller pompa air yang rusak adalah putaran mesin normal tetapi daya hisap atau dorong pompa lemah, akibatnya tekanan dan debit air yang dihasilkan berkurang.

Baca Juga:

Sekian dulu penjelasan tentang ciri-ciri kerusakan pada komponen impeller, bagikan jika dirasa bermanfaat.

Terima kasih.

Ciri-Ciri Impeller Pompa Air Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment