Learn Science With Ilmusiana

Ciri-Ciri Seal Pompa Air Rusak

Salah satu masalah yang kerap menyerang mesin pompa air adalah kerusakan komponen seal sehingga kinerja pompa menjadi terganggu.

Seperti apa sih ciri-cirinya? Nah, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman dalam mengenali tanda-tanda kerusakan pada komponen seal pompa air.

Untuk diketahui, mechanical seal adalah komponen pada pompa air yang berfungsi untuk menyekat atau menghalangi terjadinya kebocoran udara sehingga udara dari luar tidak masuk ketika pompa berputar.

Selain itu, seal juga berfungsi untuk memisahkan ruangan impeller dengan bagian motor/dinamo pompa dan menahan air agar tidak masuk membasahi motor.

Mechanical seal terdiri dari tiga bagian utama, yaitu karet, pegas, dan lingkaran keramik di mana semua bagian ini dipasang di tengah-tengah as atau poros pompa.

Lingkaran keramik bertindak sebagai komponen stasioner (diam) menyatu dengan casing pompa, sedangkan karet dan pegas merupakan komponen bergerak yang ikut berputar bersama poros.

Jika salah satu dari ketiga bagian ini rusak, maka seal tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga mengganggu kinerja pompa air.

Lantas, apa saja ciri-cirinya? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Ciri-Ciri Seal Pompa Air Rusak

Ciri Ciri Seal Pompa Air Rusak

Untuk diketahui, ciri-ciri kerusakan seal pada mesin pompa air adalah munculnya tetesan air yang bocor keluar pada bagian poros mengakibatkan daya hisap atau daya dorong pompa menjadi lemah.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh lingkaran keramik seal retak, pegas patah, atau karet seal kaku atau sobek.

Jika terjadi kondisi-kondisi seperti di atas, makan komponen seal harus segera dilakukan penggantian agar pompa air bisa normal kembali.

Sementara itu, hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada seal adalah:

  • Kekasaran permukaan komponen seal
  • Getaran berlebih pada pompa
  • Kecepatan putaran as yang terlalu tinggi
  • Diameter shaft
  • Suhu berlebih
Untungnya saja sekarang ini tidak sulit lagi untuk mencari komponen mechanical seal karena sudah banyak di jual di toko-toko pompa air, baik offline maupun online.

Penutup

Jadi, ciri-ciri kerusakan seal pada mesin pompa air adalah munculnya tetesan air yang bocor keluar pada bagian poros mengakibatkan daya hisap atau daya dorong pompa menjadi lemah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat. 

Terima kasih.

Ciri-Ciri Seal Pompa Air Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment