Learn Science With Ilmusiana

Pompa Galon Elektrik yang Aman, Ini Kriterianya

Dari sekian banyak merk pompa galon elektrik di pasaran, kira-kira manakah yang paling aman digunakan? Nah, di artikel kali ini kita akan sama-sama membahasnya.

Berkat kemajuan teknologi, sekarang ini kita semakin dimudahkan dalam urusan konsumsi air minum galon kemasan dengan hadirnya produk pompa galon elektrik.

Kita tidak merasa repot lagi mengangkat sebuah galon berisi penuh air yang memang beratnya cukup lumayan itu ke atas dispenser. 

Dengan pompa galon elektrik, kita hanya perlu untuk membuka tutup galon dan memasang alat tersebut, selanjutnya air galon pun bisa segera diminum.

Namun, sesuatu yang sering dipertanyakan banyak orang adalah soal keamanan penggunaannya, mengingat teknologi ini masih terbilang baru dan belum banyak yang mengulas segi keamanannya.

Lantas, pompa galon elektrik apakah yang aman digunakan? Baiklah, berikut ini penjelasannya...

Kriteria Pompa Galon Elektrik yang Aman

Pompa Galon Elektrik yang Aman

Setidaknya, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah pompa galon elektrik sehingga bisa dikatakan aman, antara lain:

1. Menggunakan Bahan Material Food Grade

Kriteria pertama yang harus dimiliki sebuah pompa galon elektrik sehingga bisa dianggap aman adalah memakai bahan-bahan food grade dalam proses pembuatannya.

Alasannya, karena alat ini nantinya akan bersentuhan dan dialiri oleh air minum sehingga penting untuk memperhatikan keseluruhan bahan material pembuatan pompa.

Bahan dengan kriteria food grade ada bermacam-macam, dari kelompok logam kita mengenal Stainless Steel yang sangat aman digunakan untuk makanan dan minuman.

Sedangkan, dari kelompok plastik kita mengenal jenis LDPE (Low Density Polyethylene) dan PP (Polypropylene), keduanya telah sering dijadikan sebagai wadah atau kemasan untuk makanan dan minuman.

2. Desain yang mudah Dibersihkan

Setelah bahan, kriteria selanjutnya adalah dari segi desain, pompa galon elektrik sebaiknya menggunakan desain yang memudahkan pengguna saat melakukan pembersihan.

Bagian dalam dan luar pompa galon elektrik penting untuk dibersihkan secara berkala untuk menjaganya tetap steril dari zat-zat pencemar.

Contoh desain pompa galon yang baik adalah setiap komponennya mudah dipisah-pisah, utamanya komponen yang bersentuhan atau dialiri air sehingga bisa dilakukan proses pembersihan secara maksimal.

3. Memiliki Ketahanan Motor dan Baterai

Motor dan baterai bisa dikatakan dua komponen vital dari sebuah pompa galon elektrik, dari motor inilah daya hisap pompa berasal dan listriknya disediakan oleh baterai.

Motor pompa harus tahan dan kuat, serta aman dari resiko korsleting dan terbakar. 

Begitupun dengan baterai, wajib menggunakan jenis baterai dengan ketahanan panas yang baik dan anti bocor.

Penutup

Jadi, ketika Anda sedang mencari pompa galon elektrik yang aman, maka belilah pompa yang memiliki tiga kriteria di atas. 

Baca Juga:

Mimin tidak akan merekomendasikan merk tertentu, silahkan Anda pilih sesuai selera dari semua merk yang beredar di pasaran.

Sekian dulu penjelasan kali ini, terima kasih semoga bermanfaat.

Pompa Galon Elektrik yang Aman, Ini Kriterianya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment