Learn Science With Ilmusiana

Majas Metonimia: Pengertian dan Contoh

loading...
Advertisement

loading...


Majas Metonimia: Pengertian dan Contoh - Penting diketahui bahwa metonimia adalah nama dari salah satu majas yang sering dipelari dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Majas ini sering digunakan dalam banyak karya sastra sebagai pelengkap gaya bahasa dalam karya tersebut. Sebagaimana majas pada umumnya, majas metonimia juga mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan majas lainnya. Oleh sebab itu, memiliki pemahaman yang baik tentang majas metonimia mutlak diperlukan agar kita tidak salah dalam mengidentifikasi majas ini. Untuk keperluan inilah, blog Ilmu Bermanfaat memberikan ulasan tentang pengertian majas metonima dan contoh majas metonimia, seperti yang sedang Anda baca saat ini.
Majas Metonimia: Pengertian dan Contoh
Majas Metonimia

Pengertian Majas Metonimia

Kata metonimia diambil dari kata Yunani meto yang berarti "menunjukkan perubahan" dan anoma yang berarti "nama". Dengan demikian, metonimia ialah suatu gaya bahasa yang mempergunakan sebuah kata untuk menyatakan suatu hal lain, karena mempunyai pertalian yang sangat dekat. Sebagai majas, metonimia adalah majas yang menggunakan merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang dipergunakan sehingga kata itu berasosiasi dengan benda keseluruhan. Dapat dikatakan pula bahwa majas metonimia adalah majas yang memakai nama ciri atau nama hal yang ditautkan dengan orang, barang, atau hal, sebagai penggantinya. Misalnya, untuk menyebut mobil, cukup disebut merknya saja, maka orang sudah paham bahwa yang kita maksudkan adalah mobil.

Artikel Terkait: Pengertian Majas: Apa yang dimaksud dengan Majas?

Contoh Majas Metonimia

Di bawah ini, beberapa contoh majas metonimia yang bisa membantu Anda dalam memahami majas metonimia. Silahkan perhatikan secara seksama susunan kalimatnya:

Contoh Majas Metonima 1

"Ia membeli sebuah Avansa"
Contoh di atas adalah majas metonimia, isi kalimatnya bermakna bahwa "ia" membeli sebuah mobil, namun mobilnya diganti dengan kata "Avansa", yang merupakan salah satu merk mobil.

Contoh Majas Metonimia 2

"Rumah kami menggunakan Sanyo untuk menyedot air"
Penyebutan "Sanyo" dalam kalimat di atas adalah dimaksudkan untuk sebuah mesin air. Jadi, termasuk dalam majas metonimia.

Contoh Majas Metonimia 3

"Budi pergi ke Bantaeng menggunakan Yamaha"
Bermakna, Budi ke Bantaeng dengan menggunakan motor, diasosiasikan dengan menyebut merk Yamaha.

Contoh Majas Metonimia 4

"Ayah dan Ibu naik Merpati ke Tanah Suci"
Merpati adalah nama salah satu maskapi penerbangan. Dengan menyebut merk ini, dapat dipahami bahwa yang dimaksudkan adalah pesawat. Artinya, Ayah dan Ibu menggunakan pesawat dari merpati untuk ke tanah suci. Jadi, kalimat di atas adalah majas metonimia.
Artikel Terkait: Majas Litotes: Pengertian dan Contoh

Nah, kami berharap setelah membaca pengertian dan contoh majas metonimia di atas, Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang majas ini. Jika benar seperti itu, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini:
Kalimat di bawah ini yang menggunakan majas metonimia adalah:
A. Kita harus mengatahui siapa yang melanggar peraturan sekolah.
B. Peraturan harus ditaati oleh seluruh masyarakat, baik pejabat atau bukan.
C. Aku lebih suka Noah karena lirik lagunya yang puitis.
D. Orangtua tidak boleh berpangku tangan dalam mengawasi anak-anaknya.
E. Disiplin harus ditegakkan di kantor ini.
Ketikkan Jawaban + Alasannya pada kotak komentar!
Sekian uraian tentang Majas Metonimia: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment