Learn Science With Ilmusiana

Majas Personifikasi: Pengertian dan Contoh

loading...
Advertisement

loading...


Majas Personifikasi: Pengertian dan Contoh - Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan majas personifikasi? Dari sekian banyak majas yang kita kenal selama ini, majas personifikasi adalah salah satunya. Kami yakin, buat Anda yang sedang/pernah duduk dibangku sekolah sering mendapatkan soal yang berhubungan dengan majas ini. Tentang majas itu sendiri, dapat ditemukan materinya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Meskipun begitu, ternyata masih banyak diantara kita yang belum memahami dengan baik yang dimaksud dengan majas personifikasi. Karena itulah, pada kesempatan kali ini, blog Ilmu Pengetahuan akan memberikan pembahasan lengkap mengenai majas personifikasi. Dimana, pembahasannya akan kami bagi menjadi dua bagian, bagian pertama yaitu tentang pengertian majas personifikasi dan bagian kedua tentang contoh dari majas personifikasi.
Majas Personifikasi: Pengertian dan Contoh
Majas Personifikasi

Pengertian Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah Majas personifikasi adalah majas yang melekatkan sifat-sifat insani (manusiawi) pada suatu benda mati sehingga seolah-olah memiliki sifat seperti benda hidup. Ciri majas ini adalah terdapatnya pilihan kata yang mengenakan sifat manusia pada benda mati tersebut. Majas personifikasi memiliki gaya bahasa perbandingan, yaitu membandingkan benda mati atau tidak dapat bergerak sehingga sepertinya tampak bernyawa dan dapat berperilaku seperti manusia. Oleh sebab itu, majas ini dikategorikan juga sebagai majas perbandingan. Majas personifikasi berfungsi untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai situasi yang dilukiskan dan memberikan bayangan angan (citraan) yang konkret. Penggunaan majas personifikasi banyak ditemukan dalam banyak jenis karya sastra, misalnya cerpen, puisi, lagu, dll.

Contoh Majas Personifikasi

Untuk melengkapi pemahaman kita tentang majas personifikasi, perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Contoh 1:

"Padi menunduk mengucapkan selamat pagi"
Pada contoh ini, padi diperlakukan seperti manusia karena bisa menunduk dan menyapa.

Contoh 2 :

"Di peluk dingin kemarau yang bermulut sepi"
Kalimat di atas juga merupakan majas personifikasi, karena dingin kemarau diibaratkan seperti manusia yang dapat memeluk

Contoh 3:

"Di malam itu, Bulan mengintip dibalik awan"
"Ranting-ranting ikut menari mengikuti alunan gendang"
Kata mengintip dan menari-nari adalah sesuatu yang dilakukan oleh manusia, jadi dua kalimat di atas juga termasuk majas personifikasi.

Contoh 4:

"Mobil ambulans meraung-meraung mengantarkan jenazah korban kebakaran"
Kalimat ini termasuk majas personifikasi, ditandai dengan pilihan kata meraung-raung yang sering dilakukan oleh manusia.
Nah, dari beberapa contoh di atas dapatkah Anda memahami apa itu majas personifikasi? Untuk mengecek pemahaman Anda, cobalah jawab pertanyaan dibawah ini dengan benar.
Manakah diantara kalimat dibawah ini yang termasuk dalam majas personifikasi:
A. Sampah masyarakat itu akhirnya berhasil ditangkap oleh polisi.
B. Ayah memeras keringat untuk menghidupi keluarganya.
C. Angin pun berbisik menyampaikan salamku kepadanya.
D. Kapan-kapan sudikah engkau mampir ke gubukku?
E. Wajahnya bagai pinang dibelah dua.
Ketikkan jawaban + alasannya pada kotak komentar dibawah!
Sekian uraian tentang Majas Personifikasi: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat. 

6 komentar:


  1. C. Angin pun berbisik menyampaikan salamku padanya

    ReplyDelete
  2. jawab (C) alasannya, karena dikatakan (menyampaikan) itu unsur kata sifa manusia yang dimasukan kebenda mati dan seolah angin itu hidup berbisik menyampaikan salamku padanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, jawaban benar alasannya juga tepat, terimakasih responnya.

      Delete
  3. C,karena berbisik merupakan hal yang sering dilakukan oleh manusia

    ReplyDelete