Learn Science With Ilmusiana

Struktur Penyusun Teks Eksplanasi

loading...
Advertisement

loading...


Struktur teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai kerangka penyusun seluruh uraian dalam sebuah teks eksplanasi. Sebagaimana sebuah struktur, unsur inilah yang bertanggungjawab terhadap seluruh rangkaian teks sehingga layak disebut sebagai teks eksplanasi. Dari struktur ini pula, kita juga dapat dengan mudah mengenali apakah teks itu merupakan teks eksplanasi atau bukan. Oleh sebab itu, struktur teks ini dapat juga dipandang sebagai ciri khas yang melekat kuat dalam teks eksplanasi. Pengetahuan tentang struktur ini menjadi penting, karena suatu teks eksplanasi disusun mengikuti pola yang telah ditetapkan dalam struktur tersebut. Untuk membuat uraian teks eksplanasi yang baik dan benar, maka Anda harus mampu menerapkan struktur ini ke dalam suatu teks. Untuk tujuan inilah, pembahasan dibawah ini akan menguraikan secara lengkap struktur dari teks eksplanasi.
struktur teks eksplanasi
Bagan Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur yang terdapat dalam sebuah teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian utama yang tersusun secara hierarki, runtut, dan logis, mulai dari yang paling awal sampai akhir. Artinya, sudah menjadi aturan bahwa bagian yang satu tidak boleh bertukar tempat dengan bagian yang lain dalam struktur tersebut. Karena, jika hal ini sampai terjadi, maka suatu teks tidak layak dipandang sebagai teks eksplanasi. Apalagi, selain teks eksplanasi ini, terdapat beberapa jenis teks lainnya yang masing-masing mempunyai struktur yang berbeda. Bagian-bagian struktur teks eksplanasi yang dimaksud yaitu; pernyataan umum, deretan penjelasan, dan penutup. Berikut ini penjelasannya satu per satu:

Pertanyataan Umum

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum dapat juga disebut sebagai bagian pembukaan dari suatu teks. Bagian ini berfungsi untuk memberikan gambaran awal dari fenomena yang diceritakan lewat teks eksplanasi. Gambaran yang dimaksud umumnya memberikan definisi atau penjelasan tentang fenomena yang hendak dibahas. Bahasannya harus bersifat ringkas, jelas, dan menarik, agar dapat menarik minat pembaca untuk membaca teks sampai tuntas.

Deretan Penjelasan

Bagian ini adalah isi dari teks eksplanasi yang memuat secara mendetail tentang proses keberadaan atau penyebab terjadinya suatu fenomena. Jadi, bagian ini bertanggungjawab untuk menjawab pertanyaan "bagaimana", yang penjelasannya dapat memberikan jawaban tentang proses terjadinya fenomena tersebut.

Penutup

Bagian penutup dalam teks eksplanasi berbentuk interpretasi yang berisikan pertanyaan, tanggapan, atau kesimpulan tentang topik/proses dari fenomena yang diceritakan. Namun, bagian ini sifatnya opsional (pilihan), artinya bukan menjadi suatu keharusan untuk dimasukkan dalam uraian teks eksplanasi.

Untuk mendapat pemahaman yang utuh, baca juga materi sebelumnya tentang pengertian teks eksplanasi. Akhir kata, dari uraian materi struktur teks eksplanasi di atas, kami berharap semuanya dapat memahami struktur teks eksplanasi dengan baik. Alangkah baiknya, jika Anda mulai mempraktekkan membuat teks eksplanasi dengan mengacu pada struktur ini. 

Sekian uraian tentang Struktur Penyusun Teks Eksplanasi, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment