Learn Science With Ilmusiana

Proses Metamorfosis pada Katak

loading...
Advertisement

loading...


Metamorfosis katak dalam materi kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana proses daur hidup/siklus perkembangbiakan pada katak. Amfibi yang satu ini dalam melanjutkan generasinya, melakukan proses metamorfosis, yaitu perubahan bentuk dan fungsi organ tubuh. Perubahan bentuk dan fungsi ini terjadi sangat mencolok di setiap tahapannya. Itulah sebabnya mengapa sehingga metamorfosis pada katak disebut dengan metamorfosis sempurna. Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan untuk Anda bagaimana proses metamorfosis tersebut berjalan di setiap tahapannya. Kami juga akan melengkapinya dengan gambar agar setiap tahap metamorfosis tersebut dapat terlihat jelas, selamat membaca.

Metamorfosis Katak

Urutan metamorfosis katak dimulai dari telur kemudian menetas menjadi berudu (kecebong). Berudu berubah menjadi katak kecil. Katak kecil lama-kelamaan menjadi katak dewasa. Perhatikan gambar dibawah ini yang memperlihatkan proses metamorfosis pada katak:

Gambar Metamorfosis Katak


Proses Metamorfosis pada Katak

Penjelasan Gambar Metamorfosis Katak

Katak betina akan mengeluarkan telur-telur mereka ke air yang tenang, kemudian dibuahi oleh katak jantan. Telur katak sangat banyak dan dilindungi oleh lendir agar terlindungi dari berbagai ancaman. Setelah telur menetas, maka keluarlah berudu atau kecebong. Kecebong akan tinggal di air selama hidupnya. Kecebong tidak memiliki kaki dan tangan, hanya ekor saja dan bernafas menggunakan insang. Setelah umurnya bertambah, kecebong akan mulai tumbuh kaki bagian belakangnya. Dengan tetap bernafas menggunakan insang, kecebong berkaki mencari makanannya di dalam air.

Kecebong ini akan terus berkembang hingga mulai tumbuh kaki bagian belakangnya. Dengan tetap bernafas menggunakan insang, kecebong berkaki mencari makanannya di dalam air. Kecebong ini selanjutnya akan berubah menjadi katak muda. Katak muda masih memiliki sedikit ekor, namun sudah tidak hidup di air lagi. Katak muda mulai hidup di daratan sampai dewasa. Setelah berubah menjadi dewasa, katak akan hidup di daratan dan tidak lagi menggunakan insang untuk bernafas. Katak dewasa akan kembali lagi ke air hanya untuk bertelur demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya.
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang Proses Metamorfosis pada Katak, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment