Learn Science With Ilmusiana

Planet Venus: Ciri, Karakteristik, Gambar

loading...
Advertisement

loading...


Planet Venus adalah planet kedua yang dekat dengan matahari setelah merkurius. Jarak Planet Venus ke matahari sekitar 108 juta km. Planet ini memiliki orbit yang berbentuk lingkaran. Lama Planet Venus mengelilingi matahari 224,7 hari, sedangkan Planet Venus berputar pada orbitnya sendiri selama 243 hari. Poros Planet Venus berbeda daripada planet-planet lainnya. Planet yang lain berputar searah putaran jarum jam, sedangkan Planet Venus berputar berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Kecepatan berputarnya sangat lambat. Salah satu yang mengagumkan ialah 1 tahun di bumi lebih pendek dari 1 hari di Planet Venus. Dengan kata lain, kecepatannya mengelilingi matahari lebih cepat daripada kecepatannya berputar pada porosnya sendiri.

Planet Venus: Ciri, Karakteristik, Gambar

Ciri dan Karakteristik Planet Venus

Selain putarannya, Planet Venus memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan planet lain. Suhu di Planet ini sangat panas sehingga dapat membakar. Suhu permukaannya mencapai 450 derajat Celsius yang bahkan bisa melelehkan timah. Ciri khas lain yang mengejutkan dari Planet Venus adalah lapisan atmosfernya dipadati oleh karbondioksida. Selain itu, di atmosfer Planet Venus terdapat lapisan sulfur yang tebalnya berkilo-kilo meter. Oleh sebab itu, di planet ini selalu ada hujan asam yang mematikan. Ciri-ciri tersebut menyebabkan di Planet Venus tidak mungkin ada kehidupan.

Gambar: Permukaan Planet Venus yang sangat panas

permukaan planet venus 

Atmosfer Planet Venus sangat padat sehingga Venus menjadi planet yang sangat panas dan memiliki efek rumah kaca yang sangat besar. Selain itu, kepadatan atmosfer tersebut mengakibatkan tidak adanya perbedaan suhu siang dan malam di Planet Venus. Lapisan kulitnya tersusun berdasarkan tingkat kepadatannya. Urutannya ialah inti, kerak, dan lapisan kulit luar. Planet Venus tidak memiliki medan magnet yang tinggi seperti planet-planet lain.

Jika dilihat dari segi massa, volume, dan kepadatannya, maka Planet Venus sangat mirip dengan bumi. Oleh karena itu, Planet Venus dikenal sebagai planet yang bersaudara dengan bumi. Sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam, planet ini bisa terlihat dengan mata telanjang dari bumi. Oleh karena itu, Planet Venus disebut "bintang malam" atau "bintang pagi". Selain itu, pada masyarakat umum, Planet Venus dikenal sebagai “bintang penggembala”. Benda langit ini merupakan planet yang paling bercahaya setelah matahari dan bulan.

Permukaan Planet Venus terdiri dari area-area yang memiliki sedikit perbuktian. Ketika permukaan planet ini diteliti, terlihat banyak pegunungan dan kawah. Terdapat dua pegunungan dan kawah. Terdapat dua pegunungan sebesar benua di planet ini. Jika dibandingkan, luas area salah satu dari pegunungan itu hampir sama dengan daratan Amerika Selatan. Selain itu, di planet ini juga terdapat lembah-lembah, perbukitan, plato-plato (area luas yang berada di dataran tinggi), kawah-kawah , dan area vulkanis (gunung berapi).
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang Planet Venus: Ciri, Karakteristik, Gambar, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment