Learn Science With Ilmusiana

Planet Merkurius: Ciri, Karakteristik, Gambar

loading...
Advertisement

loading...


Planet Merkurius dalam materi ini uraiannya meliputi; ciri-ciri, karakteristik, dan gambar dari planet ini. Merkurius adalah planet terkecil dengan diameter sekitar 4.880 km. Jaraknya yang hanya 58 juta km dari matahari, menjadikan planet merkurius sebagai planet terdekat dari matahari. Dalam sistem tata surya, planet ini termasuk dalam kategori planet dalam. Akibat ukurannya yang sangat kecil, gravitasi merkurius kurang lebih hanya sepertiga kali gravitasi bumi. Merkurius merupakan planet yang paling terang terlihat dari Bumi dan kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil saat Matahari terbenam atau fajar menyingsing, sehingga sering dijuluki sebagai bintang senja atau bintang pagi. Perhatikan gambar planet Merkurius dibawah ini:

Gambar Planet Merkurius

Planet Merkurius: Ciri, Karakteristik, Gambar

Merkurius berotasi sangat lambat, yakni memerlukan waktu sekitar 59 hari. Namun, dengan kecepatan edar 4,2 km/jam mengelilingi matahari (revolusi), planet ini termasuk yang tercepat yakni dengan waktu yang hanya sekitar 88 hari. Sisi planet Merkurius yang menghadap matahari sangat panas, lebih dari 420 derajat celsius. Sisi lainnya sangat dingin dengan suhu sekitar -180 derajat celsius. Dengan suhu seperti ini, sangat sulit bagi planet Merkurius untuk memiliki atmosfer. Disana juga tidak terdapat satelit. Planet Merkurius merupakan planet berbatu dengan permukaan yang terlihat mirip dengan bulan. Merkurius dipenuhi kawah, bukit, dan lekukan-lekukan besar seperti jurang.

Gambar Permukaan Planet Merkurius

Gambar Permukaan Planet Merkurius

Ciri dan Karakteristik Planet Merkurius

Dari uraian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa ciri-ciri dan karakteristik dari planet Merkurius adalah sebagai berikut:
  • Planet Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan matahari.
  • Merkurius tidak mempunyai satelit
  • Tersusun atas batu, berlembah dan berkawah.
  • Suhu paling panas 420 derajat Celsius dan paling dingin -180 derajat Celsius
  • Kecepatan edar 4,2 km/detik
  • Periode rotasinya 59 hari dan periode revolusinya 88 hari. 
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang Planet Merkurius: Ciri, Karakteristik, Gambar, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment