Learn Science With Ilmusiana

4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

loading...
Advertisement

loading...


Surat izin tidak masuk sekolah adalah salah satu contoh surat yang termasuk dalam jenis surat pribadi karena ditulis atas nama pribadi. Surat izin ini biasanya dibuat oleh siswa yang kebetulan mendapatkan halangan tertentu (contoh: sakit) sehingga tidak bisa hadir di sekolah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Surat ini bertujuan untuk memberitahukan pihak sekolah dalam hal ini guru atau wali kelas bahwa siswa yang namanya disebutkan dalam surat tersebut mendapatkan halangan untuk datang ke sekolah. Surat izin ini sangat penting  untuk ditulis agar ketidakhadiran seorang siswa dapat diketahui oleh pihak sekolah. Sebab, jika tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka ketidakhadiran seorang siswa di sekolah dikategorikan sebagai alpa. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan.

Namun, meskipun tergolong sebagai surat pribadi, penulisan surat izin tidak masuk sekolah ini berbeda ketika Anda menuliskan surat kepada teman. Perbedaan yang paling mendasar terletak pada ragam bahasa yang digunakan. Ragam bahasa yang digunakan dalam menulis surat izin ini harus menggunakan bahasa formal dengan kata-kata yang baku sebab suratnya ditujukan pada instansi resmi seperti sekolah. Jadi, surat izin tidak masuk sekolah ini dapat digolongkan juga ke dalam surat resmi.

Untuk menulis surat izin tidak masuk sekolah, hal-hal penting yang harus perhatikan adalah pengirim surat, alasan membuat surat izin, dan tujuan surat izin tersebut.
  • Pengirim Surat: Pengirim surat berisi informasi tentang siapa yang mengirim surat izin tersebut. Biasanya, surat izin pengirimnya mencantumkan nama orangtua atau wali siswa yang memintakan izin kepada anaknya melalui surat. 
  • Alasan Surat Izin: Bagian ini menyatakan alasan yang menyebabkan mengapa sehingga siswa yang disebutkan nama dalam surat tidak bisa hadir ke sekolah. Apakah karena sakit atau ada kepentingan tertentu.
  • Tujuan Surat Izin: Berisi informasi tentang kepada siapa surat izin ini ditujukan. Apakah langsung kepada Bapak Kepala Sekolah, atau kepada wali kelas siswa yang bersangkutan.
Oleh karena surat izin ini digolongkan ke dalam surat resmi, maka tentu saja formatnya harus mengikuti penulisan surat resmi pada umumnya. Nah, berikut ini poin-poin penting harus ada dalam surat izin tersebut:
  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Penanggung Jawab

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

surat izin tidak masuk sekolah

Jika adikmu atau kamu sendiri tidak dapat masuk sekolah karena sakit atau ada keperluan penting, dapat kamu membuat surat izinnya? Kita sadari bahwa untuk membuat surat izin tersebut tidak mudah. Artinya, kita harus mempelajari terlebih dahulu atau minimal melihat contohnya. Nah, berikut ini kami hadirkan untuk Anda beberapa contoh surat izin yang bisa dijadikan panduan untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah. Terdiri dari 4 variasi contoh surat izin, tinggal Anda pilih sesuai keperluan.

Contoh ke-1 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 4 Maret 2016
Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas VII A MTs Ma'arif Bogor

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan hormat,
Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Muh Arsal, Kelas VII A, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat saya,
    Ttd
Ahmad Sanja

Contoh ke-2 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 5 Maret 2016
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII B
MTs Ma'arif Bogor
Dengan Hormat
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama: Renaldi
Siswa: Kelas VII B MTs Ma'arif Bogor
Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 34 BOgor
memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 8 Maret 2016 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan oleh anak saya. Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat izin ini saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang tua/Wali Murid
ttd
H. Daming

Contoh ke-3 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 9 Maret 2016
Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 2 Bogor

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Ahmad
Tempat/Tanggal Lahir: Bogor, 7 Januari 1960
Alamat: Jl. Ahmad yani No. 34 Bogor
Atas nama orang tua dari anak yang bernama Nurhikmah Ramadhan kelas XI IPA 2, dengan ini mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru di Sekolah SMA Negeri 2 Bogor. Bahwasanya mulai hari Kamis tanggal 10 Maret 2016 s/d hari Sabtu tanggal 12 Maret 2016, yang bersangkutan tidak dapat hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya, dikarenakan ada keperluan yang sangat penting di kampung halaman. Oleh karena itu kiranya Bapak/Ibu Guru dapat memberi izin kepada anak saya tersebut.

Demikian surat izin ini dibuat, dan saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya
Orang Tua
Ttd
Ahmad

Contoh ke-4 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah (Bahasa Inggris)

Bogor, 19 March 2016
To: Mr. Dahlan
At: SMP Negeri 1 BOgor

With respect,
I am parent of student named:

Name: Nurul
Class: IX E SMPN 1 Bogor
Address: Jl. Ahmad Yani, No 34 BOgor

I am going to inform you that my daughter cannot go to school and attend the class as usual today, Thursday 19th March 2016. It is because she has to go with her family. Therefore, please give her permission in a few days for not coming to school.

Thanks for the attention and permission that you have given to me
Regards,

Ahmad
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, semoga bermanfaat.