Learn Science With Ilmusiana

3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

loading...
Advertisement

loading...


Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar ini kami buatkan untuk para pencari kerja yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan (misal: bank). Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat pribadi yang isinya resmi. Surat tersebut memuat keinginan pelamar untuk bekerja pada badan atau perusahaan. Pada umumnya, mereka (pencari kerja) mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan tersebut dari media massa (koran, majalah, dan lainnya) atau bisa juga diberitakan keluar melalui pegawai/karyawan dari badan usaha atau instansi yang bersangkutan. Salah satu persyaratan bagi pencari kerja yang ingin bekerja di kantor atau perusahaan tersebut adalah surat lamaran.

Kriteria surat lamaran kerja yang baik dan benar di antaranya adalah terdapatnya data pribadi pelamar yang disebut kualifikasi pelamar, yang dilengkapi dengan lampiran-lampiran yang dianggap perlu sebagai bahan pertimbangan bagi kantor atau perusahaan yang bersangkutan. Pelamar kerja harus mengemukakan poin-poin penting yang relevan dengan persyaratan pekerjaan yang ditawarkan. Surat lamaran itu kemudian mendapat tanggapan dari pihak yang menawarkan pekerjaan.

Penulisan surat lamaran kerja berbeda dengan penulisan surat-surat lainnya. Dalam menulis surat lamaran kerja, kita harus menggunakan bahasa yang sopan jelas, dan tidak bertele-tele. Lamaran yang terlalu panjang membuat orang jenuh membacanya, bahkan mungkin tidak akan dibaca sama sekali. Hal tersebut juga akan menggambarkan bahwa Anda kurang mampu menggunakan kalimat efektif. Surat lamaran yang terlalu panjang akan membuat pembacanya kurang memperhatikan inti dari surat yang Anda buat. Usahakan agar isi surat lamaran Anda tidak lebih dari satu halaman saja. Untuk satu paragraf batasilah maksimal sebanyak enam baris.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam melakukan pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar:
  • Sampaikanlah keinginan Anda untuk melamar pekerjaan dengan syarat-syarat yang Anda penuhi. Tulislah dengan singkat dan jelas agar memudahkan pembacanya menangkap pesan penting yang ingin Anda sampaikan. 
  • Isi surat Anda sebaiknya tidak terkesan berlebihan sehingga pihak pembaca tidak akan menganggap Anda terlalu hebat atau malah dianggap mengada-ngada. 
  • Dalam menulis surat lamaran Anda harus dapat membayangkan bahwa Anda sedang berbicara empat mata dengan pembacanya. 
  • Usahakan membuat surat yang bernuansa pribadi dan ciptakanlah rasa penasaran (keingintahuan) bagi mereka supaya mau mengundang Anda untuk bertemu.

Syarat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan pelamar bila hendak membuat surat lamaran kerja.
Contoh Surat Lamaran Kerja
  • Kata-kata yang dipakai dalam surat lamaran kerja harus sopan, sederhana, dan ringkas. Isi surat lamaran kerja harus menggambarkan kemampuan kerja pelamar dan keyakinannya bahwa bidang atau jenis pekerjaan yang dilamar sesuai dengan kemampuan, tingkat pendidikan, dan cita-citanya.
  • Terutama untuk perusahaan swasta, surat lamaran kerja tidak boleh bernada meminta belas kasihan atau hal-hal yang sifatnya merendahkan martabat sendiri. Di dalam surat lamaran kerja perlu disebutkan bahwa surat itu diajukan berdasarkan sumber-sumber tertentu seperti iklan, informasi dari teman, pengumuman di tempat kantor tenaga kerja, dan lain-lain.
  • Apabila surat lamaran kerja harus ditulis tangan, tulislah dengan tulisan tangan sendiri, jangan meminta bantuan orang lain untuk menuliskannya. Barangkali dengan melihat langsung tulisan tangan si pelamar, pihak perusahaan ingin mengetahui gambaran watak atau kepribadian si pelamar.
  • Usahakan surat lamaran kerja itu rapi dan sebersih mungkin. Kesalahan-kesalahan penulisan atau coretan-coretan akan memberi citra bahwa si pelamar kurang rapi dan ceroboh. Jika tidak diharuskan ditulis tangan, surat lamaran boleh ditik dengan rapi dan bersih. 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Nah, setelah mengetahui tips dan syarat surat lamaran kerja di atas, kami harap Anda sudah bisa membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut ini kami tampilkan 3 contoh surat lamaran yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam membuat surat lamaran pekerjaan:

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Bogor, 22 Januari 2015
Kepada Yth
HRD Manager
PT. Bank Zaka Niaga
Jl. Ahmad Yani No. 34
Bogor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui iklan lowongan perkerjaan yang ditayangkan di salah satu stasiun TV Swasta beberapa hari lalu, bersama surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran untuk bekerja di PT. Bank Zaka Niaga Bogor sebagai Teller.

Berikut ini data singkat tentang diri saya:

              Nama                       : Ahmad
              Tempat & tgl. lahir  : Bogor, 21 Apri 1988
              Pendidikan Terakhir : Sarjana Fisika, Universitas Negeri Jakarta
              Alamat                     : Jl. Ahamd Yani No. 33 Bogor
              HP, e-mail                 : HP = 085369127867, e-mail: ahmad@gmail.com
              Status Perkawinan    : Sudah Menikah

Insya Allah, saya memiliki kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, dan mampu menjalin komunikasi dengan baik. Saya mampu berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan, dan dapat bekerja menggunakan berbagai macam aplikasi kumputer seperti Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint, Access, OutLook) dan Internet.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:
  1. Pas foto terbaru.
  2. Daftar riwayat hidup.
  3. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  4. Foto copy sertifikat pelatihan/kursus.
  5. Foto copy surat pengalaman kerja.
Besar harapan saya Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,


Ahmad

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Bogor, 22 Januari 2015

Hal: Lamaran perkerjaan
Lampiran: 5 Lembar

Kepada Yth
HRD/Personalia PT. Bank Zaka Niaga
Bogor

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Bank Zaka Niaga, seperti yang termuat di harian Tribun Timur tanggal 15 Januari 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung mengisi posisi Teller di PT. Bank Zaka Niaga.

Data singkat saya, seperti berikut ini:

         Nama                      : Ahmad
        Tempat & tgl. lahir   : Bogor, 21 Apri 1988
        Pendidikan Terakhir : Sarjana Fisika, Universitas Negeri Jakarta
        Alamat                      : Jl. Ahmad Yani No. 33 Bogor
        Telepon, HP, e-mail  : 085369127867, ahmad@ymail.com
        Status Perkawinan    : Menikah

Saya dapat bekerja dengan jujur, cepat, teliti, dan mengikuti prosedur dengan baik. Selain itu, saya juga dapat mengoperasikan komputer dengan lancar. Baik itu Ms. Office, internet, serta beberapa software tambahan lainnya.

Dengan banyaknya pengalaman kerja, seperti Koperasi Sumber Berkah, Supermarket Alfa Mart, Bank Rakyat Indonesia, Saya lebih mengerti bagaimana cara menyesuaikan diri dengan bidang pekerjaan serta lingkungan kerja secara cepat.

Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat lebih mengetahui potensi yang saya miliki dengan melakukan tes dan wawancara sesuai dengan waktu dan panggilan.

Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya sangat berterimakasih.

Hormat Saya,


AHmad

Contoh Surat Lamaran Kerja 3

Ahmad, S.Si
HP: 085369127867
Email: Ahmad@gmail.com
BBM: 52444C4C

Bogor, 15 Januari 2015

Kepada Yth:

Staf HRD PT. Bank Zaka Niaga

Jl. Ahmad Yani No. 34
Bogor

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung pada PT. Bank Zaka Niaga sebagai Teller.

Saya berusia 27 tahun, pendidikan terakhir dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Fisika Program S-1 Universitas Negeri Makassar. Disamping itu saya mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan internet. Untuk lebih jelasnya saya sertakan Curriculum Vitae, pas foto, dan copy dokumen lainnya yang mendukung sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Saya adalah seorang yang cepat belajar dan mau mempelajari sesuatu hal yang baru, dapat menerima tanggung jawab, memiliki motivasi tinggi dalam bekerja, memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Saya juga mempunyai semangat kerja dalam tim.

Semoga latar belakang pendidikan dan kemampuan saya sesuai dengan yang diharapkan oleh Bapak/Ibu. Besar harapan saya dalam waktu dekat ini saya bisa mendapat kabar baik dari Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kesempatan yang telah Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Ahmad, S.Si
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang 3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat.