Loading...

Learn Science With Ilmusiana

5+ Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih...!!!

Loading...
Contoh pidato perpisahan kali ini kami khususkan untuk siswa-siswi kelas 6 yang sebentar lagi lulus, artinya mereka akan berpisah dengan guru, teman, dan adik kelas di sekolah. Perpisahan selalu menjadi momen paling sedih dan mengharukan, bagaimana tidak kebersamaan selama 6 tahun di sekolah harus berakhir karena murid kelas 6 harus melangkah ke jenjang selanjutnya. Di tengah kebahagiaan setelah berhasil lulus melewati ujian nasional, mereka harus menerima kenyataan bahwa waktu mereka di sekolah telah selesai. Selalu ada tangis di setiap momen seperti itu mengenang semua hal yang dilalui bersama. 

Bagi adik-adik kelas 6 yang sedang merasakan momen ini, kalian harus kuat untuk berpisah, kalian harus melanjutkan sekolah ke tingkat selanjutnya agar bisa meraih cita-cita. Jangan larut dalam kesedihan karena akan berpisah dengan guru dan adik kelas di sekolah. Buatlah acara perpisahan itu menjadi momen yang paling di ingat oleh semua yang hadir. Salah satu caranya adalah dengan menyampaikan pidato perpisahan kelas 6 yang berkesan. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan memandu kalian bagaimana cara membuat pidato perpisahan yang baik dan berkesan bagi semua yang mendengarkan. 

Pidato Perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6
Pidato Perpisahan
Untuk diketahui, pidato dengan tema perpisahan kelas 6 umumnya berisi ucapan terima kasih kepada guru, teman, dan adik kelas yang akan kalian tinggalkan. Poin pentingnya adalah kamu sampaikan rasa terima kasih mendalam karena dididik dengan baik, diberi pengetahuan, hingga berhasil lulus. Sampaikan kepada mereka bahwa semua yang telah kalian dapatkan adalah bekal berharga untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. 
Pidato perpisahan biasanya disampaikan oleh seorang siswa kelas 6 yang dianggap mewakili semua teman-teman seangkatannya. Umumnya, orang tersebut adalah ketua kelas 6. Sebelum berpidato, kamu harus susun terlebih dahulu pokok-pokok yang akan kamu sampaikan dalam pidato. Hal ini bisa disebut sebagai kerangka pidato. Setelah kamu tahu apa saja yang perlu disampaikan, barulah kamu susun naskah pidatonya. 

Pokok-pokok Pidato Perpisahan

Isi pokok dari pidato perpisahan kelas 6 umumnya memuat tentang:
  • Salam pembukaan
  • Ucapan terima kasih
  • Ucapan rasa bahagia
  • Tekad selanjutnya
  • Nasehat untuk adik kelas
  • Kata-kata perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Berikut ini adalah contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa kamu jadikan panduan dalam menyusun naskah pidato. Kamu bisa memakai pidato ini pada acara perpisahan sekolah, atau bisa juga kamu tambahkan kata-katanya jika masih kurang.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 1

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya kepada kita sekalian. Pada hari ini kita bertemu, berkumpul bersama di sekolah yang kita cintai ini untuk melaksanakan acara perpisahan. 

Sebenarnya, saya dan seluruh teman-teman kelas 6 berat untuk menyampaikan pidato ini, kami sedih karena harus berpisah dengan bapak ibu guru, teman, dan adik-adik sekalian. Namun, waktu jualah yang membatasi kebersamaan kita selama ini. 

Terkhusus kepada bapak/ibu kepala sekolah, bapak dan ibu guru, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga karena telah mendidik kami dengan baik. Bekal pengetahuan yang kami dapatkan sangat berharga untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Semua jasa bapak dan ibu guru akan kami ingat sepanjang hayat.

Kami juga menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada bapak dan ibu guru yang telah sabar menuntun kami selama ini. Kami sadar bahwa banyak kelakukan kami selama bersekolah di tempat ini yang mungkin membuat bapak dan ibu guru jengkel. Sekali lagi, saya mewakili seluruh teman-teman kelas 6 mengucapkan permohonan maaf.

Kepada adik-adik kelas sekalian, teruslah bersekolah, belajarlah dengan baik. Jangan bandel, hormatilah bapak dan ibu guru kita semua. 

Demikianlah saya akhiri pidato ini, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 2

Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan. 

Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas 6, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini. 

Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih. 

Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami. 

Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, kalian tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh-jauh contoh yang kurang baik dari kami. 

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini. 

Akhirnya, cukup sekian yang kami sampaikan, dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kami ucapkan, kurang berkenan di hati Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan hadirin semuanya. Terima kasih.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 3

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah Bapak (Sebut namanya)
Para guru (Sebut nama sekolah)
Bapak/Ibu wali murid sekalian
Teman dan adik kelas kami

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan sebuah perpisahan. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah mendidik, membimbing, dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama 6 tahun ini. semoga Allah senantiasa membalas semua jasa bapak dan ibu.

Pada kesempatan ini pula kami menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan yang telah kami perbuat selama ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru jengkel atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di (sebut nama sekolah), kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan belajarlah yang rajin, teruslah menuntut ilmu, dan hormatilah selalu Bapak/Ibu guru kita di sekolah ini. patuhlah pada nasihat-nasihat baik mereka.

Dan yang terakhir, teruntuk Orang Tua kami tercinta terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di (sebut nama sekolah) dan terima kasih atas didikan kalian.

Kami akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 4

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh
Bismillah, Alhamdulillah, Lakhaula Walaquwataillah Billah, Ama ba’dah.

Yang saya hormati (Sebut Pejabat yang Hadir)
Yang saya hormati Kepala Sekolah (Sebut nama sekolah)
Yang saya hormati Bapak Ibu Dewan Guru.
Yang saya hormati Bapak ibu tamu undangan.
Dan seluruh teman dan adik kelas sekalian.

Puji syukur Alhamdulilah atas segala limpahan karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw.

Bapak ibu dewan guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia, pada kesempatan kali ini, saya mewakili semua siswa kelas 6 untuk menyampaikan kata perpisahan dan sekaligus mohon pamit, serta doa restu.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Yang pertama, Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Ibu guru yang telah membimbing dan mendidik kami, sehingga kami dapat menyelesaikan proses belajar di sekolah tercinta ini dengan hasil yang memuaskan. Tiada apapun yang bisa kami berikan sebagai imbalan jerih payah Bapak Ibu guru selama 6 tahun ini. Hanya doa yang dapat kami panjatkan, semoga Allah SWT membalas segala jasa Bapak Ibu guru.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Yang kedua, Sangat banyak kesalahan kami kepada Bapak Ibu Guru selama 6 tahun menimba ilmu di sekolah ini. Untuk itu, sudilah kiranya Bapak Ibu guru memafkan segala kesalahan kami.

Yang terakhir, Kami mohon doa restu kepada Bapak Ibu Guru, semoga kami dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi sesuai keinginan kami.

Bapak ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, banyak kesalahan, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 5

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, serta teman-teman dan adik kelas yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas segala rahmatNya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa kelas 6 sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari sekolah ini

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 6 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Demikianlah Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 kali ini, silahkan dipergunakan. Bagikan contoh pidato ini kepada temanmu yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment