Learn Science With Ilmusiana

Alat Kelamin Jantan pada Bunga

Loading...
Bunga adalah alat reproduksi tumbuhan secara generatif tempat pembentukan sel-sel kelamin, baik sel kelamin jantan maupun betina. Kedua jenis sel inilah yang akan bergabung menjadi satu membentuk biji. Bunga adalah alat reproduksi pada tumbuhan tingkat tinggi. Nah, pada materi biologi kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja yang menjadi alat kelamin jantan pada bunga disertai dengan contoh bunga jantan dan gambar alat kelaminnya. Pertanyaan seputar bunga ini banyak didapatkan anak sekolah yang duduk di bangku SMP maupun SMA, namun untuk umum boleh-boleh saja kok dibaca, sekedar menambah pengetahuan. Baiklah, kita mulai saja materinya:

Alat Kelamin Jantan pada Bunga

Alat Kelamin Jantan pada Bunga

Lantas, apa yang menjadi alat kelamin jantan pada bunga? Untuk diketahui bahwa, benang sari adalah bagian bunga yang bertugas sebagai alat kelamin jantan pada bunga. Benang sari terdiri atas dua bagian, yaitu kepala sari disebut juga anthera dan tangkai sari yang disebut juga filamentum. Serbuk sari pada bunga tersimpan di dalam tempat yang disebut dengan kotak sari. Setiap serbuk sari berisi inti sel sel kelamin jantan (sel sperma). Benang sari atau stamen yang menghasilkan sel kelamin jantan pada umumnya terletak mengelilingi putik. Perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar Alat Kelamin Jantan Bunga

alat kelamin jantan pada bunga
Kepala Sari dan Kotak sari tempat serbuk sari
Alat kelamin berfungsi untuk membedakan dua jenis bunga, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga yang memiliki alat kelamin lengkap jantan dan betina disebut dengan bunga sempurna. Pada bunga sempurna, terdapat benang sari dan putik pada satu bunga. Bunga sempurna ini disebut juga dengan hermaprodit. Sedangkan, bunga tidak sempurna adalah bungan yang hanya memiliki satu alat kelamin saja, yaitu jantan atau betina saja. Jika pada suatu bunga hanya terdapat benang sari, maka disebut bungan jantan dan jika hanya memiliki putik disebut bunga betina. 

Jadi, jika terdapat pertanyaan apa alat kelamin jantan pada bunga, kamu sudah tahu kan harus jawab apa? Yah, betul jawabannya adalah benang sari. Sekian dulu materi kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment