Learn Science With Ilmusiana

Alat Kelamin Betina pada Bunga

Loading...
Apakah alat kelamin betina pada bunga? Untuk melanjutkan perkembangbiakannya, tumbuhan harus bereproduksi untuk menghasilkan tumbuhan baru. Proses tersebut terjadi pada bagian tumbuhan tumbuhan yang disebut bunga. Di tempat inilah terjadi pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina bunga. Jika pada pada materi sebelumnya kami telah menguraikan sel kelamin jantan pada bunga, nah pada materi kali ini giliran sel kelamin betina yang akan kami uraikan. Jadi, materi ini untuk melengkapi apa yang telah kita bahas di postingan sebelumnya. Baiklah, kita mulai saja uraiannya:

Alat Kelamin Betina pada Bunga

Alat Kelamin Betina pada Bunga

Untuk diketahui, reproduksi tumbuhan yang terjadi pada bunga disebut dengan reproduksi generatif. Lantas, bagian apa yang yang bertugas sebagai alat kelamin betina pada bunga? Sebenarnya, jika kamu membaca materi sebelumnya, di situ telah kami sebutkan sedikit bahwa yang menjadi alat kelamin betina pada bunga adalah Putik atau Pistillum. Putik adalah bagian terdalam dari bunga, yakni terletak di tengah dasar bunga. Bagian-bagian putik terdiri atas, yaitu bakal buah atau disebut dengan ovarium yang terletak di bagian dasar, tangkai putik atau disebut dengan stylus yang ujungnya terdapat kepala putik atau disebut stigma. Perhatikan gambar putik di bawah ini:

Gambar Alat Kelamin Betina pada Bunga

Alat Kelamin Betina pada Bunga
Bagian-bagian Putik Kelamin Betina Bunga
Gambar di atas memperlihatkan bagian-bagian putik, terlihat bahwa di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji yang disebut dengan ovulum. Nah, pada bakal biji inilah tersimpan sel telur bunga atau disebut ovum. Sel telur inilah yang menjadi inti dari sel kelamin betina. Pada proses pembuahan, inti sperma dari serbuk sari akan membuahi sel telur dari putik. Proses pembuahan akan menghasilkan bakal biji yang selanjutnya berkembang menjadi biji dan dinding bakal buah, selanjutnya menjadi buah.


Jadi, jika terdapat pertanyaan apa kelamin betina pada bunga, kamu sudah tahu kan harus jawab apa? Yah betul, Putik. Sekian dulu materi kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment