Learn Science With Ilmusiana

3+ Fungsi Tangkai pada Bunga

Loading...
Apa fungsi tangkai pada bunga? Jika kamu telah mempelajari bagian-bagian pada bunga, maka pasti kamu telah mengetahui bahwa bunga terdiri dari beberapa bagian, salah satunya adalah tangkai bunga. Dalam bahasa latin, tangkai bunga disebut dengan Pedicellus. Dalam materi kali kami akan menguraikan secara singkat apa sebenarnya fungsi atau tugas dari tangkai bunga ini. Seberapa pentingkah peranannya bagi bunga. Baiklah, kita mulai saja materinya:

Fungsi Tangkai Bunga

Tangkai bunga adalah bagian bunga yang letaknya paling bawah. Tangkai bunga menjadi tempat untuk melekatnya bunga pada batang. Fungsi tangkai bunga adalah sebagai penopang agar bunga tetap kokoh, tidak mudah jatuh atau terbang meskipun diterpa angin. Selain itu, tangkai ini juga berfungsi sebagai penyambung antara ranting atau batang dengan bunga. Perhatikan gambar tangkai bunga berikut ini:
Fungsi Tangkai Bunga

Gambar yang kami lingkari merah itulah tempat dari tangkai bunga berada. Sebagai sarana penyambung, tangkai bunga berperan penting untuk memenuh segala nutrisi dan air yang dibutuhkan oleh bunga. Air ini berasal dari batang tumbuhan yang diedarkan oleh tangkai ke bagian kelopak bunga. Tangkai bunga bertugas untuk membantu kelopak bunga tetap lembab dan sehat. Itulah sebabnya mengapa sehingga bunga yang tidak memiliki tangkai sangat mudah layu.

Bacaan Terkait:

Kesimpulan

Nah, jika kita merangkum paparan di atas, maka ada 3 fungsi tangkai bunga, yaitu:
  1. Tempat melekatnya bunga
  2. Sebagai penopang bunga agar tetap kokoh
  3. Penyambung antara bunga dengan ranting atau batang tumbuhan. 
Jadi, jika terdapat pertanyaan tentang apa fungsi tangkai bunga, kamu sudah tahu kan apa jawabannya? Yah benar, jawab aja dengan ketiga hal di atas. Silahkan bantu teman kamu yang sedang membutuhkan informasi ini, kayaknya banyak banget tuh yang menanyakan fungsi dari tangkai bunga di Brainly. Sekian dulu materi kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment