Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Apa Hasil Kongres Pemuda 2?

Tahukah kamu, apa hasil Kongres Pemuda 2? Berdasarkan catatan sejarah, Kongres Pemuda 2 adalah pertemuan lanjutan yang diadakan oleh perkumpulan-perkumpulan pemuda yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia (waktu itu bernama Hindia Belanda). Kongres tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Kongres Pemuda 1 yang menganggap perlu untuk bertemu kembali membahas segala hal tentang persatuan Indonesia. 

Kongres Pemuda 2 dianggap sebagai kongres yang paling bersejarah dalam perjalanan pergerakan Kemerdekaan Indonesia, khususnya di kalangan para pemuda. Sebab, dalam kongres inilah Sumpah Pemuda dirumuskan dan diikrarkan, yang gaungnya masih terdengar hingga kini. Apa saja hasil dari pertemuan para pemuda dalam kongres ini? 

Nah, pertanyaan inilah yang akan kami jawab dalam uraian kali ini. Baiklah, berikut ini penjelasannya:

Kongres Pemuda 2

Sejarah mencatat, Kongres Pemuda 2 dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta (Batavia). Total jumlah peserta yang hadir dalam kongres ini adalah sekitar 750 orang, yang berasal dari organisasi-organisasi pemuda dari seluruh Indonesia, seperti Jong Bataks, Jong Sumatranen Bond, Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Sekar Rukun, Pemuda Betawi, dan sebagainya. Kongres ini dihadiri pula oleh tokoh-tokoh politik pergerakan, seperti Tan Malaka, Sukarno, para pendidik, dan anggota Volksraad.

Materi Kongres Pemuda Lainnya:
Susunan panita pada waktu dilaksanakannya Kongres Pemuda 2 adalah:
  • Sugundo Djojopuspito (PPPI), Ketua
  • Djoko Marsaid (Jong Java), Wakil Ketua
  • Moh. Yamin (Jong Sumatranen Bond), Sekretaris
  • Amir Sjarifuddin (Jong Batak Bond), Bendahara

Hasil Kongres Pemuda 2

Hasil Kongres Pemuda 2

Kongres Pemuda 2 menghasilkan empat keputusan penting dalam perjalanan sejarah Indonesia. Hasil-hasil kongres tersebut, antara lain:
  1. Lagu "Indonesia Raya" diterima sebagai lagu Kebangsaan Indonesia
  2. Sang "Merah Putih" diterima sebagai Bendera Indonesia
  3. Peleburan menjadi satu semua organisasi pemuda dengan nama "Indonesia Muda"
  4. Diikrarkannya "Sumpah Pemuda". 
Demikianlah penjelasan tentang Hasil Kongres Pemuda 2. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima Kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Apa Hasil Kongres Pemuda 2? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment