Learn Science With Ilmusiana

6+ Tujuan Kongres Pemuda 1

Apakah tujuan pelaksanaan Kongres Pemuda 1? Kongres bersejarah ini adalah kongres yang pertamakali diadakan oleh para pemuda Indonesia. Dari sinilah, para pemuda menyatukan komitmen bersama demi persatuan Indonesia. Kongres tersebut menjadi ajang pertemuan pemuda dari wilayah-wilayah Hindia Belanda setelah sebelumnya mendirikan perkumpulan/organisasi. Nama organisasi tersebut, antara lain: Jong Sumatranen Bond, Jong Java, Sekar Rukun, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Islamieten Bond, dan Jong Batak. M. Tabrani sebagai dalam pidato pembukaannya sebagai ketua panitia, meminta pandangan dari seluruh peserta mengenai cara mempersatukan semangat nasional di kalangan pemuda.

Tujuan Kongres Pemuda 1

Dalam kongres tersebut, Moh. Yamin menyumbangkan pemikirannya tentang bahasa persatuan. Pada tanggal 2 Mei 1926, Moh. Yamin berpidato dengan judul "Kemungkinan-kemungkinan Masa Depan Bahasa dan Sastra Indonesia". Dari sekian banyak bahasa daerah di suku Indonesia, Moh. Yamin yakin bahasa Melayu dan Jawa bisa menjadi bahasa persatuan. Pada perkembangannya, bahasa Melayulah yang kemudian menjadi bahasa persatuan Indonesia.

Kongres Pemuda 1 ini mengakui dan menerima cita-cita persatuan Indonesia, walaupun perumusannya belum jelas atau masih samar-samar. Olehnya itu, antara PI, Pemuda Indonesia, PPPI, dan PNI berencana untuk mewujudkan persatuan Indonesia dan persamaan cita-cita. Organisasi pemuda ini merasa perlu untuk bersatu karena mereka merasakan bahwa bentuk perkumpulan mereka masih bersifat kedaerahan. Hal tersebut terlihat dalam kongres, kepentingan daerah masih terlihat menonjol dalam berbagai pembicaraan.

Tujuan Kongres Pemuda 1

Ada enam tujuan dari pelaksanaan kongres pemuda 1, antara lain:

1. Meningkatkan semangat persatuan pemuda tanah air

Tujuan Kongres Pemuda 1 yang pertama adalah untuk meningkatkan semangat persatuan pemuda tanah air. Untuk mewujudkan Indonesia mereka, para pemuda menyadari bahwa salah satu syaratnya adalah persatuan. Perjuangan kedaerahan seperti pada masa kerajaan dahulu, terbukti tidak berhasil untuk melawan penjajah. Seluruh daerah Hindia Belanda akan terlepas dari cengkeraman imperialisme jika mereka bersatu.

2. Mempererat Hubungan Organisasi Pemuda

Sebelum dilaksanakannya Kongres Pemuda 1, telah banyak berdiri organisasi pemuda di berbagai wilayah. Organisasi ini hanya bekerja pada ruang lingkup daerahnya saja sehingga kurang diketahui oleh organisasi lain. Olehnya itu, Kongres Pemuda 1 bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara semua organisasi agar terjalin kerja sama yang baik.

3. Memajukan Paham Persatuan Kebangsaan

Hampir semua anggota dari masing-masing organisasi tersebut adalah kaum terdidik yang mengecap pendidikan sampai ke Eropa. Mereka telah banyak mengenal paham-paham kebangsaan yang didapat dari bacaan selama bersekolah. Oleh karena itu, mereka memahami betul pentingnya mengembangkan dan memajukan paham persatuan kebangsaan untuk mengingat semangat para pemuda bangsa.

4. Meletakkan Dasar Kemerdekaan

Tujuan Kongres Pemuda 1 selanjutnya adalah meletakkan dasar-dasar kemerdekaan Indonesia. Mereka sepenuhnya menyadari bahwa kemerdekaan itu adalah hak semua bangsa. Tak terkecuali, bangsa Indonesia yang telah berabad lamanya terjatuh dalam kubangan imperialisme, harus bisa merdeka. Indonesia harus bisa lepas, bebas, dan mandiri dari segala bentuk intervensi bangsa lain.

5. Melakukan kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya.

Pemuda sebagai generasi pembaharu Indonesia harus bisa tampil di banyak segi, seperti sosial, ekonomi, dan budaya. Segi-segi itu dianggap hal yang paling mendasar bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemuda menyatukan pemikiran untuk melakukan upaya memajukan kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya bangsa Indonesia.

6. Membentuk Badan Sentral

Tujuan Kongres Pemuda 1 yang terakhir adalah untuk membentuk badan sentral. Badan sentral ini diharapkan berfungsi sebagai tempat pembinaan wadah pemuda yang tunggal.

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan tentang apa tujuan pelaksanaan Kongres Pemuda 1, maka jawabannya adalah:
  1. Meningkatkan semangat persatuan pemuda tanah air
  2. Mempererat Hubungan Organisasi Pemuda
  3. Memajukan Paham Persatuan Kebangsaan
  4. Meletakkan Dasar Kemerdekaan
  5. Melakukan kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya.
  6. Membentuk Badan Sentral
Sekian penjelasan tentang tujuan Kongres Pemuda 1. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
6+ Tujuan Kongres Pemuda 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment