Learn Science With Ilmusiana

[2019+] Pengertian Novel Paling Lengkap

Sebenarnya, apa sih pengertian novel itu? Saya yakin banyak di antara pembaca yang suka membaca novel, namun definisi dari salah satu karya sastra ini belum banyak yang mengetahuinya. Berbicara tentang pengertian atau definisi novel, itu sama artinya dengan kita memberikan batasan atau arti dari kata novel tersebut. Pemberian batasan tersebut penting agar konsep tentang novel bisa dibedakan dengan konsep lain yang dikenal dalam kesusasteraan.

Pengertian Novel adalah ahli

Secara sederhana, novel sering diartikan sebagai rangkaian karangan prosa panjang yang berisi kisah atau cerita tentang kehidupan seseorang. Tetapi, pengertian ini dirasa belum cukup untuk memperjelas arti novel yang sebenarnya. Kita memerlukan definisi yang lebih lengkap, baik itu secara umum, maupun menurut pendapat para ahli.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan pengertian atau definisi novel secara komprehensif. Uraian ini akan disajikan ke dalam dua bagian, yaitu pertama, pengertian novel secara umum dan kedua, novel berdasarkan pendapat para ahli. Semoga, kehadiran artikel ini bisa memperjelas arti atau makna dari novel. Baiklah, berikut ini uraiannya:

Pengertian Novel

Pengertian novel secara etimologi adalah berasal dari bahasa Latin, yaitu novellus. Dalam bahasa Jerman disebut novelle dan dalam bahasa Inggris disebut novel. Kata ini diturunkan dari kata novles yang berarti baru. Dikatakan baru karena novel muncul setelah drama dan puisi. Sedangkan, pengertian novel menurut istilah adalah suatu karangan panjang yang mengisahkan cerita kehidupan manusia yang dibangun berdasarkan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya.

Dalam novel, kisah kehidupan yang diceritakan bersifat rekaan, namun tetap rasional. Kerasionalan novel dapat terlihat dari kemampuan penulisnya menggambarkan setiap kejadian-kejadian kehidupan secara mengena dan rinci, sehingga masuk akan untuk diterima pembaca.

Orang-orang yang membaca novel akan memperoleh pelajaran hidup yang bisa dijadikan pedoman dan alat instropeksi diri. Selain itu, novel mampu membuka wawasan pembaca, dan membuka sejarah yang terjadi di masa lampau.

Oleh karena itu, pengertian novel secara umum adalah bentuk prosa dari suatu karangan panjang yang mengandung cerita tentang kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya, lengkap dengan penonjolan sifat dan watak dari setiap pelaku atau tokoh. Sebagai cerita kehidupan, novel mengandung nilai-nilai moral, sosial, pendidikan, dan budaya.

Pengertian Novel Menurut Ahli

Berikut ini adalah deretan pengertian novel menurut pendapat dari para ahli sastra:

1. Novel Menurut Abrams (dalam Nurgiyantoro, 2015: 11-12)

Menurut Abrams, pengertian novel adalah novella yang secara harfiah berarti sebuah barang baru yang kecil, dan selanjutnya diartikan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa.

2. Novel Menurut Semi (1998: 36)

Menurut Semi, pengertian novel adalah suatu jenis karya sastra yang berbentuk naratif dan berkesinambungan ditandai oleh adanya aksi dan reaksi antar tokoh, khususnya antara antagonis dan protagonis.

3. Novel Menurut Yudiono (1986: 125)

Novel adalah jenis karya sastra yang mendeskripsikan masalah kemasyarakatan, yaitu gejolak atau keadaan masyarakat yang melibatkan penulis dan pembacanya.

4. Novel Menurut Depdikbud (2005: 788)

Novel adalah karangan prosa panjang yang memuat rangkaian kisah kehidupan seseorang dengan orang-orang disekelilingnya dengan menonjolkan sifat dan watak setiap pelaku.

5. Novel Menurut Nursito (2003: 168)

Menurut Nursito, pengertian novel adalah media untuk menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan dari penulis untuk merespon kehidupan di sekitarnya. Pada saat timbul permasalahan baru dalam kehidupan sekitar, penulis novel akan segera terpanggil nuraninya untuk menciptakan sebuah karya.

6. Novel Menurut Burhan Nurgiyantoro (2007: 10)

Novel adalah sebuah karya sastra yang panjangnya cukup, tidak terlalu panjang, namun juga tidak terlalu pendek.

7. Novel Menurut The American College Dictionary

Novel adalah suatu cerita prosa fiktif dengan panjang tertentu, yang menggambarkan para tokoh, gerak, serita peristiwa kehidupan nyata yang representatif dalam suatu alur atau suatu keadaan yang agak kusut atau kacau.

8. Novel Menurut The Advanced Learner's Dictionary of Current English

Novel adalah suatu cerita dengan satu alur yang cukup panjang, mengisi satu buku atau lebih, yang menceritakan kehidupan pria dan wanita yang berisifat imajinatif.

9. Novel Menurut Esten (1978: 12)

Novel adalah pengungkapan dari fragmen kehidupan manusia dalam jangka yang lebih panjang, di dalamnya memuat konflik-konflik yang akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan jalan hidup antara para pelaku.

10. Novel Menurut Aminuddin (2002: 38)

Novel adalah hasil cipta sastra yang memiliki unsur-unsur kehidupan, pemikiran atau pandangan, dan renungan tentang berbagai masalah kehidupan, filsafat, dan keagamaan.

11. Novel Menurut Jakob Sumardjo

Novel adalah suatu bentuk karya sastra yang paling banyak dicetak dan beredar di seluruh dunia, sehingga sangat populer karena didukung oleh banyak komunitasi di masyarakat.

12. Novel Menurut Paulus Tukam

Novel adalah suatu karya sastra yang berbentuk prosa serta di dalamnya mengandung unsur-unsur intrinsik.

13. Novel Menurut Nurhadi

Novel adalah bentuk karya sastra yang memuat nilai-nilai sosial, moral, budaya, dan pendidikan.

14. Novel menurut Rostamaji

Novel adalah suatu bentuk karya sastra yang mempunyai 2 unsur, yaitu intrinsik dan ekstrinsik, dimana keduanya saling berkaitan dan mempengaruhi dalam sebuah karya sastra.

15. Novel Menurut KBBI (2014: 969)

Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Novel. Bagikan materi ini kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[2019+] Pengertian Novel Paling Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment