Learn Science With Ilmusiana

3+ Tujuan Cerita Pendek (Cerpen)

Sebenarnya, apa sih tujuan menulis cerpen itu? Semua karya yang diciptakan oleh pembuatnya pastilah memiliki tujuan. Begitupun dengan cerpen, sengaja ditulis oleh para pengarang dengan maksud dan tujuan tertentu. Terdapat bermacam-macam tema yang diangkat oleh penulis ke dalam sebuah cerpen, melalui rangkaian kisah yang ditulis secara pendek. Tentunya, ada tujuan yang hendak dicapai oleh para penulis tersebut ketika menuliskan cerpennya. 

tujuan cerpen

Rasanya, kita semua sepakat bahwa sebuah karya akan sia-sia adanya jika dibuat tanpa tujuan. Maka, cerpen juga menjadi tidak berguna seandainya tidak memiliki tujuan dalam pembuatannya. Cobalah bertanya kepada penulis cerpen tentang apa tujuan mereka menuliskan cerpennya? Mungkin, kita akan disodori jawaban yang bermacam-macam, tergantung motivasi dari masing-masing penulis. 

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menguraikan beberapa tujuan dalam penulisan sebuah cerpen. Semoga, dengan kehadiran uraian ini kita bisa memahami untuk apa sebenarnya cerpen itu dibuat.

Tujuan Cerpen

Tujuan utama dari pembuatan cerpen itu ada tiga, yaitu: untuk mengembangkan kreativitas dan ide, mengungkapkan perasaan penulis, dan untuk menyampaikan pesan atau amanat. Berikut ini kami terangkan satu per satu maksud dari masing-masing tujuan tersebut.

1. Pengembangan Kreativitas dan Ide

Tujuan pertama dari penulisan cerpen adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan ide. Banyak orang yang setuju bahwa menulis termasuk cara ampuh untuk melejitkan kreativitas dan merangkum segala ide yang muncul di kepala, dan cerpen adalah salah satu hasil dari aktivitas menulis itu. Dengan menulis cerpen, kreativitas kita akan semakin terasah, dan ide yang muncul tidak menguap begitu saja.

2. Pengungkapan Perasaan Penulis

Tujuan cerpen selanjutnya adalah sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan penulis. Umum diketahui, bahwa menulis termasuk ke dalam aktivitas mental. Apa yang kita tulis akan dipengaruhi oleh kondisi kita saat menulis, apakah sedang bahagia, sedih, marah, dan lain sebagainya. Para penulis cerpen akan mengungkapkan semua yang dirasakan ke dalam cerpen yang mereka buat.

3. Penyampaian Pesan atau Amanat

Tujuan cerpen yang terakhir adalah sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau amanat. Tujuan ini juga termasuk ke dalam salah satu unsur intrinsik cerpen. Jadi, setiap cerpen pastilah memiliki pesan atau amanat yang hendak disampaikan kepada pembaca. Namun, biasanya pesan itu tidak disampaikan secara langsung atau tersurat, kita perlu membaca keseluruhan cerpen untuk memahami seluruh pesan yang terkandung di dalamnya.

Materi Cerpen Lainnya:
Demikianlah penjelasan tentang Tujuan Cerpen. Bagikan materi ini kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Tujuan Cerita Pendek (Cerpen) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment