Learn Science With Ilmusiana

Unsur Unsur Cerpen Yang Wajib Diketahui

Bagi para penulis cerpen, terdapat unsur-unsur cerpen yang penting untuk diketahui. Pengetahuan tentang unsur-unsur ini akan membantu para penulis dalam membuat sebuah cerpen. Unsur tersebut ibarat nyawa dari sebuah cerpen, dimana sebuah cerpen akan terasa hidup dan bisa dipahami ceritanya saat semua unsur-unsur itu terpenuhi. Selain itu, unsur tersebut juga akan memudahkan para pembaca di saat melakukan analisis terhadap sebuah cerpen. 

Unsur Unsur Cerpen

Kamu mungkin pernah diberi tugas oleh guru di sekolah untuk melakukan analisis terhadap sebuah cerpen. Nah, pasti yang kamu analisis adalah unsur-unsurnya bukan? Jadi, agar dapat melakukan analisis dengan baik, sebagai pembaca cerpen juga sangat penting untuk mengetahui semua unsur yang terdapat dalam cerpen. 

Oleh karena alasan di atas, kami menganggap penting untuk membagikan pengetahuan mengenai unsur-unsur cerpen. Semoga dengan hadirnya uraian ini, dapat meningkatkan pemahaman pembaca tentang seperti apa itu unsur-unsur yang ada dalam sebuah cerpen. Berikut ini uraiannya:

Unsur Unsur Cerpen

Di dalam pembahasan tentang cerpen, terdapat 2 unsur yang saling terkait, membentuk satu kesatuan dalam membangun cerita dalam cerpen. Unsur tersebut adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Dua hal inilah yang akan kita uraikan secara terperinci. 

1. Unsur Intrinsik Cerpen

Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik? Dalam ilmu kesusasteraan, unsur intrinsik adalah unsur yang secara langsung membangun suatu karya sastra. Unsur ini berada di dalam karya sastra tersebut. Bisa dikatakan bahwa oleh karena unsur inilah sebuah karya sastra itu bisa hadir atau tercipta dalam bentuk karya yang utuh. Saat seseorang membaca suatu karya, unsur ini secara faktual dapat dijumpai muncul dalam karya tersebut. Unsur intrinsik menjadi bagian, dan ikut membentuk eksistensi cerita yang bersangkutan.

Tak terkecuali pada karya cerita pendek (cerpen), unsur intrinsik adalah unsur yang ada dalam cerpen, ikut membentuk, atau membangun eksistensi cerita sebuah cerpen. Unsur intrinsik dari sebuah cerpen adalah sebagai berikut:
  • Tema
  • Latar
  • Pesan
  • Penokohan
  • Sudut Pandang
  • Alur
Penjelasan dari masing-masing poin tersebut dapat kamu baca pada artikel ini: Unsur Intrinsik Cerpen.

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen

Apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik? Dalam ilmu sastra, unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar suatu karya. Jadi, bisa dikatakan bahwa unsur ini tidak terdapat di dalam cerita dan tidak berhubungan langsung dalam membangun suatu karya. Namun, meskipun begitu, unsur ini sama pentingnya dengan unsur intrinsik, sebab ikut menentukan cara, minat, atau gaya kepenulisan dari seorang pengarang. Unsur ekstrinsik adalah pengaruh yang bersifat sosiologis, psikologis, politis, dan ekonomis.

Unsur ekstrinsik adalah unsur di luar karangan, di antaranya terdiri dari latar belakang pengarang, konteks sosial-budaya pengarang, atau unsur-unsur yang menunjang lahirnya karya sastra tersebut. Unsur ekstrinsik terdiri dari sejumlah unsur. Unsur-unsur yang dimaksud antara lain keadaan subjektivitas pengarang, keyakinan, dan pandangan hidup yang memengaruhi corak tulisan yang akan dihasilkan seorang pengarang. 

Unsur ekstrinsik yang lain adalah psikologi. Unsur ini terbagi menjadi psikologi pengarang dan psikologi pembaca. Karya yang ditulis akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan atau budaya setempat dari seorang penulis. Kajian intertekstual dapat dikaitkan dengan unsur ekstrinsik karena berkaitan dengan tradisi budaya dan sosial kemasyarakatan.

Materi lebih lanjut tentang Unsur Ekstrinsik Cerpen dapat kamu baca pada artikel ini: Unsur Ekstrinsik Cerpen.

Demikianlah penjelasan tentang Unsur Unsur Cerpen. Bagikan materi ini kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Unsur Unsur Cerpen Yang Wajib Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment