Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Alat Pengukur pH Tanah

Apa nama alat pengukur pH tanah? Seperti yang kita tahu, tanah memiliki nilai pH yang bisa diukur dengan alat. Pengukuran tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat keasaman dan kebasa-an, yang sering diistilahkan sebagai pH. Ada beberapa kepentingan yang mendasari mengapa sehingga pH tanah tersebut perlu diukur, salah satu diantaranya adalah untuk keperluan bercocok tanam. Nilai pH tanah sangat mempengaruhi kemampuan akar tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah.

Alat Pengukur PH Tanah

Alat Pengukur PH Tanah

Oleh karena itu, untuk melakukan pengukuran pH tanah tersebut diperlukan sebuah alat ukur yang mampu menentukan nilai pH tanah secara akurat. Alat ini banyak digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pertanian dan perkebunan. Sebelum memulai bercocok tanam, mereka terlebih dahulu akan melakukan pengukuran PH tanah untuk menentukan jenis tanaman apa yang cocok atau tidak cocok ditanam di tanah tersebut.

Baca Juga:
Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang alat pengukur pH tanah. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa mengetahui dan memahami alat untuk mengukur pH tanah dan bagaimana cara mengukurnya.

Alat Pengukur PH Tanah

pH tanah dapat diukur menggunakan sebuah alat yang bernama pH-meter. Alat ini bekerja berdasarakan prinsip elektrolit atau konduktivitas suatu zat yang akan diukur. pH-meter akan menghitung konsentrasi ion-ion hidrogen yang terkandung di dalam tanah. Menggunakan pH-meter adalah cara termudah untuk mengukur derajat keasaman tanah. Pengukuran menggunakan pH-meter tersebut ditunjukkan dengan angka 1 sampai 14. Angka 7 menunjukkan nilai PH netral, angka di bawah 7 hingga 1 menunjukkan derajat keasaman, dan angka di atas 7 menunjukkan kondisi basa.

Alat Pengukur PH Tanah

Alat Pengukur PH Tanah

Cara Mengukur PH Tanah

Setelah mengetahui bahwa alat pengukur PH tanah adalah pH-meter, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan pH-meter tersebut untuk melakukan pengukuran PH tanah. Tahap pengukuran pH tanah dengan pH-meter adalah sebagai berikut:
  1. Siram tanah yang akan diukur dengan air.
  2. Tancapkan pH-meter di tanah yang sudah diberi air.
  3. Jarum atau angka digital pada pH-meter menunjukkan tingkat keasaman tanah
Demikianlah penjelasan tentang Alat Pengukur pH Tanah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Pengukur pH Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment