Learn Science With Ilmusiana

11+ Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

Apa saja daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia? Untuk diketahui, cadangan tembaga Indonesia adalah 4,1% dari cadangan tembaga dunia, dan menjadi peringkat ketujuh. Sedangkan, dari sisi produksi tembaga adalah 10,4% dari produksi dunia dan menjadi peringkat kedua. Seluruh cadangan tembaga ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

Nah pada kesempatan ini, kami akan menguraikan tentang daerah mana saja yang menjadi penghasil tembaga terbesar di Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin mengetahui dan memahami kekayaan tembaga Indonesia.

Pengertian Tembaga

Tembaga adalah kelompok logam bukan besi yang telah digunakan sejak dulu, tepatnya 3.500 tahun SM oleh orang-orang Mesir. Tembaga sering dipadu dengan besi untuk membentuk perunggu. Mineral pembawa tembaga lebih kurang 165 macam, antara lain logam alam (mengandung Cu 100%), cuprit dan melakonit (masing-masing mengandung Cu 78,89%), dan chalcocit (mengandung Cu 79,80%). Mineral tembaga di alam dapat digores dengan pisau dan memberikan goresan yang bersinar agak kusam hijau seperti perunggu. Jika terkandung dalam batuan, tampak batuannya berwarna hijau.

Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

Daerah penghasil terbesar tembaga di Indonesia adalah Tembagapura (Papua). Sejak tanggal 3 Maret 1979, Indonesia melakukan kerjasama dengan PT Freeport Indonesia Company (Amerika Serikat) berdasarkan kontrak bagi hasil. Selain itu, PT Antam yang bekerja sama dengan Ingod Holdings Indonesia Inc, anak perusahaan PT INCO juga mengembangkan usaha penambangan tembaga di Provinsi Maluku, yaitu Pulau Ambon, Haruku, Saparua, dan Nusa Laut. Usaha pertambangan tembaga juga dilakukan di wilayah Jawa Timur oleh perusahaan swasta. 

Berikut ini selengkapnya tentang daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia:
  1. Daerah Cikotok, Jawa Barat
  2. Daerah Kompara, Kuala Kencana-Tembagapura, Papua
  3. Daerah Sangkarapi, Sulawesi Selatan
  4. Daerah Tirtamaya, Jawa Tengah
  5. Daerah Baolan, Toli-Toli, Sulawesi Tengah
  6. Daerah Tulakan, Pacitan Jawa Timur
  7. Daerah Sanaman Mantikei, Katingan, Kalimantan Tengah
  8. Daerah Kotanopang, Mandailing Natal, Sumatera Utara
  9. Daerah Silungkang, Lunto, Sumatera Barat
  10. Daerah Sekongkang, Sumbawa Barat, NTB
  11. Daerah Siempat Nempu Hilir dan Tanah Pinem, Dairi, Sumater Barat
Seluruh daftar daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia di atas diperoleh dari data pemerintah terkait Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) maupun berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS). 

Demikianlah penjelasan tentang Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
11+ Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment