Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Alat Pendingin Mesin Mobil

Tahukah kamu, apa nama alat pendingin mesin mobil? Yah benar, namanya adalah Radiator. Alat ini berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil saat bekerja. Suhu pada mesin mobil akan sangat tinggi saat dipakai untuk berkendara. Suhu yang tinggi akan menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dan mengurangi efisiensinya. Jika tidak segera didinginkan, maka mesin mobil akan mengalami overheat, akibat buruknya adalah mesin akan mati alias tidak menyala.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat pendingin mesin mobil yang bernama radiator. Alat ini dilengkapi dengan cairan pendingin yang bersirkulasi di seputar mesin untuk mengambil panas dari mesin mobil. Panas berlebih ini perlu dibuang agar mesin dapat bekerja dengan baik. Cairan pendingin ini disebut dengan coolant.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang alat pendingin mesin mobil ini. Semoga setelah membaca uraian ini, kita dapat mengetahui dan memahami seputar alat pendingin mesin mobil ini.

Alat Pendingin Mesin Mobil

Pembakaran campuran bahan bakar-udara yang terjadi di mesin mobil dapat mencapai suhu 2.200 derajat celsius atau lebih sehingga seluruh bagian mesin akan menjadi panas. Cara mendinginkan mesin mobil yaitu dengan menggunakan alat radiator. Pendinginan ini disebut juga dengan pendinginan air. Air akan mendinginkan mesin secara tidak langsung dengan mengalirkan air agar panas mesin terbawa ke radiator dan didinginkan dengan udara dari kipas angin.

Alat Pendingin Mesin Mobil

Alat Pendingin Mesin Mobil

Pada sistem pendingin mesin mobil (radiator), air dipaksa mengalir melalui pipa-pipa dengan bantuan pompa air (water pump). Panas mesin yang tidak dikehendaki dibawa oleh sirkulasi air tersebut menuju radiator. Di dalam radiator, air didinginkan dengan bantuan udara. Air yang telah mendingin ini kemudian dipompa kembali untuk mengulang proses transfer panas dari mesin mobil ke radiator.

Air yang digunakan dalam radiator lama-lama akan berkurang akibat penguapan dan akhirnya akan habis. Oleh karena itu, radiator perlu diisi air kembali untuk memastikan lancarnya proses pendinginan mesin selama mobil berjalan.

Demikianlah penjelasan tentang Alat Pendingin Mesin Mobil. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Pendingin Mesin Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment