Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka

Apa nama pulau sebelah timur Pulau Bangka? Yah benar, namanya adalah Pulau Belitung. Pertanyaan ini sering muncul di TTS. Pulau Belitung semakin terkenal sejak diangkat ke dalam novel Laskar Pelangi yang mengambil Pulau Belitung sebagai latarnya. Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka ini terkenal sebagai daerah penghasil timah di Indonesia. Pulau ini juga terkenal sebagai daerah panghasil lada putih.

Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka

Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka

Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan profil pulau sebelah timur Pulau Bangka ini. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin tahu dan paham mengenai Pulau Belitung sebagai pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka.

Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka

Nama pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka adalah Belitung. Pulau ini mulai naik daun sejak novel dan film Laskar Pelangi dikenal di masyarakat. Banyak orang mengagumi keindahan alamnya, fenomena batu-batu besar yang unik di pantainya, dan kulinernya. Destinasi ini cocok untuk liburan keluarga dan sangat ramah anak karena lautnya sangat tenang seperti danau. Tak perlu khawatir terseret ombak. Pasir pantainya juga putih bersih, jadi nyaman untuk bermain.

Belitung adalah kabupaten yang menjadi bagian dari wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 98 pulau besar dan kecil. Secara geografis, Belitung terletak di antara 107008' BT sampai 107058' BT dan 02030' LS sampai 03015' LS. Luas Belitung adalah 229.369 Ha atau 2.293,69 km persegi.

Saat ini Pulau Belitung terbagi menjadi 2 daerah kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Kabupaten Belitung Timur, beribukota Manggar.

Demikianlah penjelasan tentang Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Pulau Sebelah Timur Pulau Bangka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment