Learn Science With Ilmusiana

25+ Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Coba kamu sebutkan hikmah beriman kepada malaikat? Sebenarnya, ada banyak hikmah dibalik perintah mengimani malaikat. Hikmah tersebut sebagai bagian dari perintah Allah Swt dalam rukun iman yang wajib ditaati oleh setiap muslim. Sama dengan kita, malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah Swt, bedanya adalah kita tercipta dari tanah, sedangkan malaikat dari cahaya. Ia bertugas untuk melayani segala urusan yang telah ditetapkan Allah.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat menjadi tanda bagi seorang muslim bahwa ia mengakui keberadaan salah satu ciptaan Allah tersebut. Di samping itu, malaikat masuk ke dalam urusan gaib yang memang diperintahkan kepada kita untuk mempercayainya. Meskipun, kita tidak bisa melihat wujudnya secara langsung, tetapi keberadaannya sudah pasti ada karena hal itu diinformasikan langsung oleh Allah Swt dalam kitabNya.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan tentang beberapa hikmah beriman kepada malaikat. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa mengetahui hikmah apa saja yang terkandung dalam perintah iman kepada malaikat.

Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Dalam perintah beriman kepada malaikat terkandung beberapa hikmah, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan iman kita kepada Allah

Hikmah beriman kepada malaikat yang pertama adalah dapat meningkatkan iman kita kepada Allah Swt. Peningkatan iman ini terjadi karena kita bisa mempercayai ciptaan Allah yang tak terlihat itu, hal itu sama artinya kita mengakui kebesaran Allah Swt.

2. Berhati-hati dalam bertindak

Dengan beriman kepada Malaikat Allah, maka kita akan berhati-hati dalam bertindak. Malaikat adalah makhluk Allah yang mempunya tugas, diantaranya mencatat amal perbuatan kita, sehingga kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak, karena yakin apa yang kita tindakkan akan dicatat oleh malaikat

3. Yakin akan pertolongan Allah

Karena malaikat senantiasa mendoakan orang beriman maka ia tidak perlu takut jika ia memerlukan bantuan kepada Allah SWT dan doa malaikat selalu dikabulkan Allah SWT

4. Memunculkan rasa syukur kepada Allah

Dengan beriman kepada malaikat, maka akan memunculkan rasa syukur kepada Allah, karena malaikat-malaikat Allah Swt, manusia memperoleh banyak karunia.

5. Giat Berusaha

Beriman kepada malaikat akan membuat kita semakin giat dalam berusaha karena rezeki yang diturunkan oleh Allah Swt dibagikan melalui malaikat. Tetapi harus dengan usaha dan kerja keras.

6. Menambah Kesadaran

Beriman kepada malaikat akan menambah kesadaran terhadap alam wujud yang tidak terjangkau oleh pancaindra, tetapi keberadaannya sudah pasti ada.

7. Menambah semangat dan ikhlas

Beriman kepada malaikat akan menambah semangat dan ikhlas dalam beribadah walaupun tidak dilihat oleh orang lain ketika melakukannya.

Hikmah Beriman kepada Malaikat Lainnya 

Selain beberapa hikmah yang telah dijelaskan di atas, berikut ini adalah hikmah-hikmah lain yang terkandung dalam perintah beriman kepada malaikat:
  • Takut melakukan perbuatan maksiat, karena dengan meyakini segala perbuatan itu, tak akan terlepas dari pengawasan malaikat.
  • Berlomba-lomba dalam hal kebajikan, serta bertakwa dan beriman kepada Allah SWT.
  • Senantiasa untuk berpikir dan berhati-hati setiap melakukan suatu perbuatan, karena perbuatan baik atau buruk, akan selalu dipertanggungjawabkan di akhirat kelak dan tak pernah luput.
  • Yakin akan pertolongan Allah SWT.
  • Membentuk sikap jujur, amanah dan mendorong diri kita untuk tetap senantiasa berbuat baik.
  • Iman kita yang jauh lebih kuat dan jauh lebih yakin terhadap Allah SWT.
  • Tak akan sempurna keimanan kita jika tak mengimani malaikat Allah SWT.
  • Menumbuhkan rasa untuk mengagungkan Allah SWT, karena dengan kekuasaan-Nya telah menciptakan malaikat yang begitu istimewa.
  • Menghindarkan manusia untuk terhindar dari perbuatan buruk dan tercela.
  • Menambah kesadaran akan alam wujud yang tak terjangkau oleh panca indera manusia.
  • Terhinda dari perilaku sombong.
  • Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
  • Suka mendoakan kebaikan dan memberi ampunan untuk orang lain
  • Menghindari keinginan untuk berbuat dosa.
  • Semakin yakin akan kebesaran dari Allah SWT.
  • Bersyukur kepada Allah SWT, karena sudah menciptakan malaikat untuk membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia itu sendiri.
  • Menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap amal soleh.
  • Menambah semangat dan rasa ikhlas dalam melakukan ibadah, walau tak dilihat orang lain saat melakukannya.
  • Semakin giat untuk berusaha, karena memang semua yang diturunkan oleh Allah SWT, harus dengan usaha dan kerja keras. 
Demikianlah penjelasan tentang Hikmah Beriman Kepada Malaikat. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
25+ Hikmah Beriman Kepada Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment