Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

Tahukah kamu, mengapa kita harus menghormati orang tua? Kita semua tahu bahwa orang tua adalah ayah dan ibu kita. Mereka berdua adalah pahlawan bagi kita, super hero, bahkan "heronya hero". Ayah berkerja siang malam, membanting tulang, mencari nafkah untuk seluruh keluarga. Sedangkan ibu, mengandung kita 9 bulan lamanya, melahirkan kita dengan bertaruh nyawa, menyusui, serta mendidik tanpa kenal lelah. Hingga, jadilah kita seperti sekarang ini.

Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

Olehnya itu, menghormati orang tua adalah sebuah keharusan buat kita semua. Sebagai anak, kita wajib memperlakukan mereka sehormat mungkin. Rasa hormat itu bisa kita tunjukkan dalam kata dan perbuatan. Kita sebisa mungkin harus menghindari kata-kata yang bisa menyinggung perasaannya, dan tidak melakukan perbuatan yang bisa membuat mereka kecewa.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa alasan mengapa kita harus menghormati orang tua. Semoga, setelah membaca uraian ini kita bisa menghormati orang tua kita dengan baik.

Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

Ada lima alasan mengapa sehingga kita harus menghormati orang tua. Alasan tersebut antara lain, sebagai berikut:

1. Kewajiban setiap anak

Alasan mengapa kita harus menghormati orang tua adalah karena itu merupakan kewajiban setiap anak. Kita diwajibkan untuk memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada kedua orang tua, sebab merekalah yang telah membimbing kita sehingga bisa seperti sekarang ini.

2. Perintah Agama

Hormat kepada orang tua adalah salah satu perintah agama, tidak peduli agama apa pun itu. Semua agama mewajibkan kepada kita untuk selalu menghormati orang tua

3. Salah satu Amalan Mulia

Menghormati orang tua harus menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasaan tersebut merupakan salah satu bentuk amalan mulia karena yang kita hormati adalah orang tua.

4. Kunci Masuk Surga

Mungkin, kamu pernah mendengar bahwa "Surga ada di telapak kaki ibu". Sebenarnya, bukan hanya pada ibu, tetapi ayah juga menjadi kunci kita ke surga. Jadi, dengan menghormati mereka berdua sama halnya kita sedang mencari kunci ke surga.

5. Mengharapkan Ridha Allah

Ridha Allah terletak pada ridha bapak ibu kita. Allah Swt akan senang ketika kita bisa memperlakukan orang tua dengan baik. Menghormati kedua orang tua termasuk ke dalam hal-hal yang disukai Allah Swt.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa kita harus menghormati orang tua. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment