Learn Science With Ilmusiana

Jong Celebes: Sejarah dan Anggota

Apa yang dimaksud dengan Jong Celebes? Ini adalah nama sebuah organisasi yang mungkin terdengar asing di telinga kita saat ini. Namun, bagi orang-orang masa lalu, nama ini begitu terkenal sebagai organisasi perkumpulan pemuda yang menjadi bagian sejarah pergerakan Indonesia. Kita dapat melihat kiprahnya pada Kongres Pemuda yang pernah dilaksanakan oleh para pemuda Hindia Belanda (nama Indonesia waktu itu).

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara singkat seputar sejarah Jong Celebes dan anggota-anggotanya yang paling berpengaruh dalam perjalanan organisasi tersebut.

Sejarah Jong Celebes

Jong Celebes adalah organisasi para pemuda pelajar dari Sulawesi. Celebes merupakan sebutan lain dari Pulau Sulawesi. Jong Celebes didirikan pada tanggal 25 April 1919 oleh para tokoh muda Minahasa, salah satunya adalah Samuel Ratulangie. Jong Celebes ikut memainkan peranan penting dalam sejarah Kongres Pemuda. Salah satu anggotanya, Senduk menjadi anggota dalam kepanitiaan Kongres Pemuda 2.

Jong Celebes

Tujuan organisasi Jong Celebes adalah untuk mempererat rasa persatuan antar sesama pemuda dan memajukan kebudayaan daerah Sulawesi.

Anggota Jong Celebes

Para tokoh Jong Celebes yang paling terkenal adalah:
  • Arnold Mononutu
  • Woworunto
  • Magdalena Mokoginta
  • R.C.L. Senduk
Jong Celebes berusaha menyatukan seluruh pemuda dan pemudi dari seluruh pulau Sulawesi seperti pemuda-pemuda suku Sangir, Suku Minahasa, suku Gorontalo, dan suku Bolang Mongondow. Bahkan, mereka juga menerima anggota-anggota dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. 

Demikianlah penjelasan tentang Jong Celebes. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Jong Celebes: Sejarah dan Anggota Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment